Analisis teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0 dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang / Pimpin Meindra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0 dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang / Pimpin Meindra

Meindra, Pimpin (2020) Analisis teknologi pendidikan di era revolusi industri 4.0 dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Malang / Pimpin Meindra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal paling penting untuk mencetak generasi bangsa yang siap untuk perubahan zaman. Maka dari itu perlu kesiapan yang matang dalam menyiapkan pendidikan yang baik melalui sebuah pembelajaran yang menggambarkan kondisi dunia saat ini. Gambaran itu akan terlihat melalui bidang teknologi pendidikan yang dinilai sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tugas dan peran guru penggunaan sumber dan media belajar dalam pembelajaran ekonomi serta cara guru dalam menyikapi perubahan peran sekolah dalam memfasilitasi pembelajaran baik guru maupun siswa dalam pembelajaran ekonomi sistem pendidikan yang diterapkan dalam pembelajaran ekonomi dampak kepada siswa sebagai hasil dari pembelajaran ekonomi. Metode Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian aktif partisipatif. Narasumber penelitian ini adalah guru SMA Negeri 8 Malang kelas X dan XI empat siswa dengan dua siswa berasal dari kelas X dan dua siswa berasal dari kelas XI yang diambil berdasarkan kepintarannya menurut teman sekelasnya Waka Kurikulum dan Waka Sarana dan Prasarana. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Lembar Hasil Observasi sebagai catatan peneliti terhadap hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti saat pembelajaran berlangsung dan instrumen wawancara yang digunakan sebagai pedoman wawancara kepada narasumber. Dalam pengolahan data peneliti menggunakan metode triangulasi baik triangulasi sumber maupun triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tugas pedagogis guru yang mengalami kesulitan dalam mengatur waktu pembelajaran siswa terutama pada waktu setelah pembelajaran yang sulit guru sebagai fasilitator pembelajaran pemberian contoh yang kekinian saat mengajar pengendalian siswa untuk fokus pada pelajaran pemanfaatan waktu luang untuk belajar. Tugas administatif yang semakin dipermudah dengan adanya rencana replaksanaan pembelajaran satu lembar serta webmaster yang disediakan oleh sekolah. Peran guru yang meliputi mendidik dan mengajar siswa dengan mengarahkan siswa untuk siap dalam menhadapi perubahan zaman teladan di kelas dengan melakukan perilaku yang baik orang tua di kelas dengan memberikan nasehat pencipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menilai kemampuan siswa (2) Sumber dan media pembelajaran guru yang mengandalkan sumber yang bervariasi peralatan yang biasa dipakai baik oleh siswa dan guru (3) Peran lembaga Sekolah yang telah memberikan fasilitas berupa webmaster dan bandwitch internet yang telah diperbesar (4) Sistem pendidikan yang telah merujuk pada sistem pendidikan terbaru (5) Dampak kepada siswa yang variatif tergantung pada gaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186349

Actions (login required)

View Item View Item