Pengaruh kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMAN 10 Malang / Lili Swieto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMAN 10 Malang / Lili Swieto

Swieto, Lili (2020) Pengaruh kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMAN 10 Malang / Lili Swieto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar memiliki peranan yang penting bagi siswa maupun guru khususnya untuk mengetahui kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan belajar melalui proses kegiatan belajar mengajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh yaitu kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar. Era disrupsi menandakan penggunaan teknologi digital tidak lepas dari segala aktivitas sehari-hari. Siswa menghadapi banyak tantangan dalam proses pembelajaran karena penggunaan gadget dan internet ini dapat menjadi boomerang bagi diri sendiri apabila siswa tidak dapat menerapkan kebiasaan belajar yang baik. Oleh karena itu diperlukan kebiasaan belajar yang baik pada era disrupsi agar mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Pencapaian keberhasilan belajar siswa dalam suatu mata pelajaran juga bergantung pada minat belajar siswa itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar pada era disrupsi terhadap hasil belajar (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dan (3) pengaruh kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif koresional. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar kepada 104 siswa dan menggunakan metode dokumentasi untuk hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran ekonomi. analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil uji analisis dalam penelitian ini (1) kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 15 4% (2) minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 36 9% (3) kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 52 3%. Berdasarkan hasil uji analisis maka kesimpulannya adalah (1) kebiasaan belajar pada era disrupsi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (2) minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 10 Malang. Saran penulis berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Guru diharapkan mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan kebiasaan belajar pada era disrupsi yang baik dan minat belajar siswa (2) Sekolah diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar agar siswa memiliki kebiasaan belajar pada era disrupsi dan minat belajar yang baik serta meningkatkan sarana dan prasana untuk menunjang proses belajar siswa di era disrupsi (3) Peneliti selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan dan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186345

Actions (login required)

View Item View Item