Kusuma, Harintya Oktavi Ayu (2015) Pengembangan multimedia interaktif materi gaya Lorentz untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA / Harintya Oktavi Ayu Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusuma Harintya O.A. 2015.Pengembangan Multimedia InteraktifMateri Gaya Lorentz untukMeningkatkanPemahamanKonsepSiswaKelasXII SMA.Skripsi ProgramStudiS1 PendidikanFisika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. SupriyonoKoesHandayanto M.Pd M.A. (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata Kunci multimedia interaktif pemahamankonsep Denganmenggunakan media pembelajaran yang menarikbagisiswa makadiharapkandapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa. Media pembelajaraninidapatberupa multimedia interaktif yang didalamnyatermuatmaterifisika yang terdapat video apersepsi simulasidankuis yang berisikansoal-soallatihan.Dengan kata lain multimedia interaktifinidapatmemvisualisasikanpokokbahasan Gaya Lorentz denganjelassehinggasiswalebihmudahmemahamimateri. Berdasarkanobservasimasihbelumbanyak multimedia interaktif yang membahastentangpokokbahasan Gaya Lorentz. Berdasarkanuraiantersebut makaperludikembangkansebuah multimedia interaktifpadamaterigaya Lorentz sehinggasiswadapatmempelajarimaterigaya Lorentz denganmetodeyang lebihmenarikdanjugabisadigunakansebagaisaranabelajarmandiri. Tujuan penelitian ini (1) Mengembangkan media pembelajaranberbasismulti mediainteraktifpadamateri Gaya LorentzSMAkelas XII (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaranberbasismultimediainteraktifpadamateri Gaya Lorentz SMA kelas XII (3) Meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA materi gaya Lorentz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R D (Research and Development) berdasarkan model penelitiandari Borg Gallada 10 langkahdalampenelitianpengembangan. Dari 10 tahapantersebutpenelitihanyamenggunakan lima tahapandikarenakanketerbatasanwaktudankeahlianuntukmelakukanujicobapemakaian yakni (1) studi pendahuluan (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan produk tahap awal (4) melakukan uji coba tahap awal (5) revisi produk tahap akhir hasil pengembangan.Subjekujicobaterdiridarisubjekahlidansubjekujicoba.Pengambilandata yangdigunakandalampenelitianiniberupaangket. Jenis data yang diperolehterdiridari data kuantitatifdankualitatif.Teknikanalisis data yang digunakanpadapenelitiandanpengembanganiniadalahteknikanalisisdeskriptifkualitatifdanteknikperhitungan rata-rata. Berdasarkanhasilujicobaprodukdiperolehhasilsebagaiberikut.Hasilujiprodukkelayakanaspektampilan menu awal (Home) diperolehnilai rata-rata 3 22 aspektampilanmateridiperolehnilai rata-rata 3 25 aspektampilanevaluasidiperolehnilai rata-rata 3 31 aspekpemaparanmateridiperolehnilai rata-rata 3 25 aspek problem/contohsoaldiperolehnilai rata-rata 3 25 aspeksoal-soalevaluasi (kuis) diperolehnilai rata-rata 3 06 danaspekfungsidankegunaandiperolehnilai 3 19. Berdasarkan criteria produk media pembelajaranberbasis multimedia interaktifmateriGaya Lorentz darisegitampilan isi dankelayakaninisudahlayakdigunakandandisebarluaskan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |