implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa sma pada pembelajaran ekonomi / lucia mega yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa sma pada pembelajaran ekonomi / lucia mega yuliana

Yuliana, Lucia Mega Yuliana (2021) implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa sma pada pembelajaran ekonomi / lucia mega yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu mencetak generasi muda yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi. Namun pada saat ini wabah Covid-19 yang melanda lebih dari 200 negara di dunia telah memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan. Mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti isolasi social and physical distancing hingga pembatasan sosial berskala besar hingga pada sektor pendidikan juga harus menggunakan sistem daring pada proses pembelajarannya. Kondisi demikian menuntut lembaga pendidikan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran agar sesuai dengan pendidikan di abad 21 pada kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membangun kemampuan intelegensi siswa dalam pembelajaran agar mampu menyelesaikan permasalahan yang ada disekitarnya. Membentuk intelegensi atau kemampuan memecahkan masalah dalam dunia nyata tidak hanya sekedar tahu namun dapat memecahkan masalah. Pembelajaran siswa secara kontekstual dapat melatih siswa untuk berpikir kritis menguasai teknologi kooperatif dan berkolaborasi dalam pemecahan masalah. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran daring adalah SMAN 6 Malang dengan pembelajaran mengacu pada kurikulum 2013. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills pada pembelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 6 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yakni (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan dan (4) Refleksi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi tes catatan lapangan dan dokumen. Data yang dianalisis berupa keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek hasil proyek siswa tingkat High Order Thinking Skills siswa melalui observasi dan tes menggunakan pre-test dan post-test dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis tingkat tinggi siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21%. Presentase High Order Thinking Skills juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19% dan nilai rata-rata pre-test dan post-test pada siklus II meningkat daripada siklus I sebesar 5 5. Berdasarkan paparan tersebut hasil penelitian penerapan model pembelajaran berbasis proyek ini seyogyanya dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan sekolah hendaknya dapat memberikan tambahan variasi model pembelajaran oleh guru dan dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki atau mengantisipasi yang dapat menjadi kendala dalam proses pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186337

Actions (login required)

View Item View Item