pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis aplikasi articulate storyline untuk siswa kelas x ips a di sman 1 purwosari kabupaten pasuruan / rizky syaumi kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis aplikasi articulate storyline untuk siswa kelas x ips a di sman 1 purwosari kabupaten pasuruan / rizky syaumi kusuma

Kusuma, Rizky Syaumi Kusuma (2021) pengembangan media pembelajaran ekonomi berbasis aplikasi articulate storyline untuk siswa kelas x ips a di sman 1 purwosari kabupaten pasuruan / rizky syaumi kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusuma R Syaumi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Untuk Siswa Kelas X IPS A Di SMAN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Prodi S1 Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rizza Megasari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media pembelajaran multimedia interaktif Articulate Storyline materi ekonomi kelas X semester 2 Articulate Storyline adalah sebuah software yang berfungsi sebagai media pembelajaran lebih khususnya sebagai perantara presentasi. Software e-learning ini bisa membantu guru untuk membangun kegiatan pembelajaran yang interaktif. Dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline guru dapat mengkombinasikan teks gambar suara animasi dan video. Guru juga dapat membuat dan mengubah tampilan menu. Dalam produk ini terdapat 3 bagian menu yaitu pendahuluan materi dan kuis. Articulate storyline memberikan tampilan sesuai dengan template keinginan pengguna dalam menyajikan materi multimedia interaktif yang menarik (Tanduklangi amp Amri 2019).Produk pengembangan ini berisi 3 pembahasan pokok yaitu bank sentral sistem pembayaran dan alat pembayaran. Produk ini dapat digunakan sebagai bentuk variasi dalam mengajar terlebih jika pembelajaran sering terjadi secara daring. Hasil dari penelitian sebelumnya menunjukan bahwa penelitian tentang pengembangan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline ini memiliki nilai kategori 4 yang artinya sangat baik (Deni Sapitri 2020). Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Lee and Owen (2004 93) dengan menggunakan tahap-tahap sebagai berikut (1) melakukan needs assessment atau analisis kebutuhan (2) design atau melakukan desain produk (3) development atau pengembangan produk (4) implementation atau pelaksanaan dan (5) evaluation atau evaluasi produk. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 12 orang siswa dan subjek kelompok besar sejumlah 36 orang siswa. Berdasarkan hasil uji pada ahli media mendapat presentase 96.64 % ahli materi sebesar 87.50% untuk guru mata pelajaran ekonomi diperoleh hasil 84.72% uji kelompok kecil mendapat presentase 86.65% dan yang terakhir adalah uji kelompok besar mendapat hasil presentase 80.30%. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Articulate Storyline ini sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186328

Actions (login required)

View Item View Item