penerapan model pembelajaran numbered head together (nht) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas xi bahasa pada pelajaran lintas minat ekonomi di man 1 kota malang / sita putri iftitah - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model pembelajaran numbered head together (nht) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas xi bahasa pada pelajaran lintas minat ekonomi di man 1 kota malang / sita putri iftitah

Iftitah, Sita Putri Iftitah (2021) penerapan model pembelajaran numbered head together (nht) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas xi bahasa pada pelajaran lintas minat ekonomi di man 1 kota malang / sita putri iftitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Iftitah Sita. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Bahasa Pada Pelajaran Lintas Minat Ekonomi Di MAN 1 Kota Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro rsquo ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Numbered Head Together Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI Bahasa Lintas Minat Ekonomi MAN 1 Kota Malang. Permasalahan yang terjadi meliputi rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya hasil belajar. Sesuai dengan permasalahan dapat diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif yaitu model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Model pembelajaran Numbered Head Together melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan teman diskusi. Fokus penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lintas minat ekonomi dengan pokok bahasan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di mana persentase siklus I jika dirata- ratakan hasil pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 mencapai 69 08%. Sedangkan dilihat pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 jumlah persentase rata-rata mencapai 75%. Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together juga meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan presentase post test kelulusannya 64%. Dan pada siklus II presentase post test kelulusannya mecapai 79 41% . Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran lintas minat Ekonomi di kelas XI Bahasa MAN 1 Kota Malang telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Saran yang diberikan peneliti dari penelitian ini adalah dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together guru hendaknya memperhatikan materi pokok yang akan disampaikan dan membuat alokasi waktu yang tepat. Bagi sekolah hendaknya mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together untuk diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran lintas minat ekonomi. Serta bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan dari penelitian ini serta dapat mengolaborasikan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran lain agar lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186327

Actions (login required)

View Item View Item