analisis pendidikan ekonomi keluarga dalam menanamkan jiwa kewirausahaan (studi fenomenologi keluarga penerima program keluarga harapan yang memiliki usaha di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar) - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis pendidikan ekonomi keluarga dalam menanamkan jiwa kewirausahaan (studi fenomenologi keluarga penerima program keluarga harapan yang memiliki usaha di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar)

Oktaviana, Nur (2021) analisis pendidikan ekonomi keluarga dalam menanamkan jiwa kewirausahaan (studi fenomenologi keluarga penerima program keluarga harapan yang memiliki usaha di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada keluarga penerimaProgram Keluarga Harapan (PKH)) dimana sebagian mereka khususnya yang memiliki usaha berpendapatan kecil dan tidak teratur. Untuk itu diperlukan literasi ekonomi di setiap keluarga agar keluarga penerima PKH dapat mengatur uang mereka dengan baik. Selain itu pada keluarga pemilik usaha menanamkan jiwa kewirausahaan kepada anak juga penting dilakukan. Hal ini karena dengan memiliki semangat wirausaha akan memotivasi anak untuk memiliki usaha di masa depan. Dengan memiliki usaha anak akan dapat meningkatkan standar hidupnya dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Oleh karena itu orang tua harus mengajarkan anak mengenai pendidikan ekonomi dasar dan menanamkan semangat wirausaha agar dapat mengelola keuangan mereka dengan baik serta membangun mental wirausaha anak Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana orang tua menanamkan semangat wirausaha kepada anak. Penanaman jiwa kewirausahaan kepada anak melalui pendidikan ekonomi keluarga yang digali antara lain ditinjau dari penanaman jiwa percaya diri kedisiplinan berorientasikan tugas keorisinilan mengambil resiko serta berorientasi pada masa depan. Untuk itu penelitian dilakukan penelitian kepada keluarga penerima PKH yang memiliki usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan Sedangkan jenis penelitian fenomenologi dalam penelitian ini dilakukan reduksi fenomenologi yangterdapat beberapa langkah yaitu breacketing horizonalizing horizon dan pengelompokan-pengelompokan ke dalam tema-tema tertentu. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa dari lima keluarga penerima PKH yang memiliki usaha telah menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak keluarga penerima PKH melakukannya dengan dalam menanamkan semangat wirausaha dilakuan dengan membiasakan anak ikut dalam kegiatan usaha untuk memupuk sikap kedisiplinan diajarkan dengan membiasakan anak disiplin mengerjakan perintah orang tua dan mengerjakan tugas sekolah orang tua memberikan contoh terlebih dahulu dan memberikan bimbingan untuk mengajarkan anak berorientasi pada tugas yang diberikan agar anak kreatif keluarga PKH seringkali mengajak anak untuk membantu kegiatan usaha seperti membuat aksesoris atau mengganti menu jualan juga memberikan ide-ide pada kegiatan usaha untuk mengembangkan jiwa inovatif anak orang tua sering kali menceritakan kendala yang dihadapi untuk mempersiapkan anak menghadapi resiko serta mengajak diskusi anak untuk memupuk pandangan masa depan mereka Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa semangat wirausaha telah ditanamkan oleh keluarga penerima PKH yang memiliki usaha kepada anak mereka. Serta bahwa anak dari keluarga PKHtelah memiliki jiwa kewirausahaan dan mereka juga berkeinginan melakukan kegiatan wirausaha di masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186323

Actions (login required)

View Item View Item