Pengembangan media pembelajaran e-lks pada mata pelajaran ekonomi materi pasar modal sebagai sumber belajar alternatif / Anggit Anggrahito Kiswoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-lks pada mata pelajaran ekonomi materi pasar modal sebagai sumber belajar alternatif / Anggit Anggrahito Kiswoyo

Anggit Anggrahito Kiswoyo (2021) Pengembangan media pembelajaran e-lks pada mata pelajaran ekonomi materi pasar modal sebagai sumber belajar alternatif / Anggit Anggrahito Kiswoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran E-LKS untuk mata pelajaran ekonomi materi pasar modal ini merupakan penelitian dan pengambangan produk berupa lembar kerja siswa elektronik materi pasar modal untuk mata pelajaran ekonomi. Hal ini dilakukan mempertimbangkan permasalahan yang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemik covid-19 dimana siswa merasa bosan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adanya permasalahan tersebut membuat peneliti terinspirasi membuat media pembelajaran yang dapat dilakukan secara daring dan dapat digunakan secara individu oleh siswa secara menyenangkan sehingga mengurangi rasa bosan siswa dan meningkatkan pemahaman materi. Disamping itu terdapat potensi berupa karakteristik siswa yang aktif kreatif dan bertanggung jawab serta pemahaman siswa menggunakan gawai. Materi pasar modal dipilih karena materi ini memuat istilah-istilah baru dan terdiri beberapa instrumen di dalamnya sehingga materi ini cocok disajikan dalam bentuk video animasi yang selanjutnya dikemas dalam bentuk E-LKS. Lebih lanjut materi investasi (pasar modal) sangat bermanfaat untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan. Dalam penelitian ini data validasi diperoleh melalui kuesioner validitas yang telah diujikan kepada ahli materi dan ahli media terkait kelayakan E-LKS yang dibuat. Selain itu didapat hasil uji coba pengguna terhadap siswa kelas XI di salah satu SMA di Kota Malang. Pengembangan ini dilakukan dengan cara menggabungkan video animasi dan latihan soal dalam bentuk E-LKS. Materi disajikan dalam bentuk video animasi sedangkan latihan soal yang tersedia di E-LKS telah diprogram sehingga dapat mendeteksi jawaban siswa benar atau salah. Prosedur pengembangan yang digunakan peneliti dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metoderesearch dan development(R amp D) atau penelitian dan pengembangan. Dalam proses penelitian peneliti mengacu pada prosedur penelitian Borg dan Gall (Hayati 2012 14) yang dimodifikasi sesuai keadaan lapangan dan kebutuhan oleh peneliti antara lain 1)potensi dan masalah 2)mengumpulkan literasi 3)pengembangan produk 4)validasi produk 5)revisi produk tahap awal 6)uji coba produk 7) revisi produk tahap lanjut 8)produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran E-LKS mata pelajaran ekonomi materi pasar modal sebagai sumber belajar alternatif ini mendapatkan hasil 89.17% dari ahli materi yang berarti media ini sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Dari ahli media mendapatkan 86.25% yang berarti media ini sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya hasil uji coba pengguna dari 81 responden menyatakan 77.67% media E-LKS ini valid dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Dengan demikian media E-LKS yang dikembangkan peneliti dapat dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186321

Actions (login required)

View Item View Item