Pengaruh penerapan model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas kelas XI SMA Negeri 01 Batu / Akhmad Rizal Dzikrillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas kelas XI SMA Negeri 01 Batu / Akhmad Rizal Dzikrillah

Dzikrillah, Akhmad Rizal (2015) Pengaruh penerapan model Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas kelas XI SMA Negeri 01 Batu / Akhmad Rizal Dzikrillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dzikrillah Akhmad Rizal. 2015. Pengaruh Penerapan Model Team Based Learning (TBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI SMA Negeri 01 Batu. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutarman M. Pd (II) Dr. H. Supriyono Koes Handayanto M. Pd M. A. Kata kunci Model Team Based Learning (TBL) Readiness Assurance Test (RAT) hasil belajar Berdasarkan studi awal dan hasil belajar TIMSS tahun 2011 bahwa lebih dari 50 % siswa mengalami kesulitan dalam belajar fisika untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian pembelajaran dengan model pembelajaran yang tepat yaitu model Team Based Learning (TBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa pada materi teori kinetik gas yang belajar dengan model TBL lebih baik daripada dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi dengan posttest only design antar kelompok data. Kelompok data diperoleh dengan mengunakan teknik simple random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-MIA-5 sebagai kelas eksperimen dengan model TBL dan kelas XI-MIA-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Siswa akan melakukan post-test dengan instrumen pengukuran soal pilihan ganda. Instrumen ini dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil belajar fisika siswa dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji F. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik non-parametrik Mann Whitney U-Test disebabkan hasil belajar fisika siswa kelas XI-MIA-5 berdistribusi normal hasil belajar fisika siswa kelas XI-MIA-2 tidak berdistribusi normal dan kedua kelompok data tidak berdistribusi homogen. Perhitungan uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan SPSS 16.0 diperoleh besar zhit -2 90 945 0 004 0 050. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Microsoft Excel diperoleh besar zu 2 86 0 97 (ztab). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan kedua hasil di atas disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa yang belajar dengan model TBL lebih baik daripada hasil belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen pada materi Teori Kinetik Gas sebesar 2 58 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas kontrol sebesar 1 96 dengan rentang skala nilai 0 sampai dengan 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18632

Actions (login required)

View Item View Item