Pola asuh ibu rumah tangga karier dalam penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada anak di lingkungan keluarga / ENNO FEBRI YUSTIKO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh ibu rumah tangga karier dalam penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada anak di lingkungan keluarga / ENNO FEBRI YUSTIKO

Yustiko, Enno Febri Yustiko (2021) Pola asuh ibu rumah tangga karier dalam penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada anak di lingkungan keluarga / ENNO FEBRI YUSTIKO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keluarga merupakan kelompok terkecil dari masyarakat yang terdiri dari suami isti anak (apabila terdapat) yang berhubungan suami istri atau sedarah serta tinggal bersama keluarga berperan penting dalam pendidikan di lingkungan keluarga. Proses pembelajaran ekonomi dalam keluarga umumnya terjalin tidak terprogram serta terjadwal sehingga dalam pelaksanaan pendidikan ekonomi keluarga berlangsung kapan saja dan mungkin meliliki sifat insendental. Proses pembelajaran ekonomi dalam keluarga umumnya terjalin tidak terprogram serta terjadwal. Sehingga dalam pelaksanaan pendidikan ekonomi keluarga berlangsung kapan saja dan mungkin meliliki sifat insendental. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga dikarenakan ibu adalah pengasuh anak sejak dini yang mempunyai ikatan batin dan emosi yang sangat melakat pada kenyataannya ibu rumah tangga yang bekerja diluar rumah selalu dihadapkan dan mengalami konflik untuk menyelaraskan rumah tangga antara pekerjaan dan pendidikan anak banyak kita jumpai dimasyarakat bahwa ada ibu rumah tangga karier rela meninggalkan pekerjaan demi mengurus rumah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pola asuh ibu rumah tangga karier dalam penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi anak di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan mengambil sample mengunakan snoball sampling. Data yang digunakan yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis fenomenologi yaitu epoche reduksi fenomenologi variasi imajinasi dan sintesis makna dan esensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang digunakan para informan dalam mendidik anaknya yaitu menggunaan pola asuh demokratis dalam penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi. Dalam hal proses pola asuh ibu rumah tangga karier dalam penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi pada anak di lingkungan keluarga bahwa proses tersebut bertujuan untuk membangun sikap berekonomi yang baik dan bijak yang dilakukan oleh ibu kepada anak melalui proses pola asuh memberikan keteladanan memberikan penjelasan verbal memberikan pembiasaan dan memberikan diskusi kasus-kasus yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186318

Actions (login required)

View Item View Item