Pengembangan media pembelajaran animasi audio visual pada materi perpajakan untuk siswa kelas xi sma / RIZDATARI PUTRI CAHYANINGRATRI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi audio visual pada materi perpajakan untuk siswa kelas xi sma / RIZDATARI PUTRI CAHYANINGRATRI

Cahyaningratri, Rizdatari Putri Cahyaningratri (2020) Pengembangan media pembelajaran animasi audio visual pada materi perpajakan untuk siswa kelas xi sma / RIZDATARI PUTRI CAHYANINGRATRI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada awal Maret 2020 mengakibatkan perubahan pada kehidupan masyarakat khususnya pada kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat COVID-19 disebutkan bahwa pembelajaran secara daring dilakukan untuk menjaga satu sama lain dari virus ini. Situasi pandemic saat ini merupakan tantangan bagi para pengajar. Hal ini dikarenakan guru dituntut untuk menunjukkan kreativitasnya dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan pendidikan. Sebelum terjadi pandemic pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan media yang konvensional. Namun ketika pandemic hadir mengharuskan guru dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran secara jarak jauh dengan memanfaatkan media daring. Untuk jenjang sekolah menengah diperlukan inovasi media pembelajaran dari guru sehingga siswa tidak mudah merasa jenuh atau bosan (Atsani 2020). Berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan pada Kajian Praktik Lapangan di salah satu SMA yang terletak di Singosari pembelajaran yang dilakukan para era pandemic ini masih tergolong konvensional dan cenderung kurang efektif. Sehingga mendorong peneliti untuk melakukan pengembangan media pembelajaran dengan video animasi pada materi penghitungan pajak penghasilan agar siswa dapat tertarik untuk belajar dan tidak lagi merasa bosan atau jenuh ketika sedang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analisis Desain Development Implementasi dan Evaluasi. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPS pada salah satu sekolah yang terletak di Singosari. Sebelum produk diujicobakan pada siswa di kelas peneliti perlu melakukan uji validasi pada dosen ahli dan praktisi lapangan yang merupakan guru mata pelajaran ekonomi di sekolah. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli dan praktisi lapangan menunjukkan bahwa video animasi yang dikembangkan sangat layak untuk diujicobakan di sekolah dengan beberapa revisi agar video animasi dapat lebih baik lagi. Selanjutnya setelah produk direvisi video animasi yang dikembangkan diujicobakan pada siswa di sekolah. Hasilnya siswa sangat tertarik belajar penghitungan perpajakan dengan menggunakan video animasi yang dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari angket respon siswa yang dibagikan kepada siswa di sekolah. Siswa merasa pembelajaran dengan video animasi memudahkan siswa dalam belajar materi penghitungan pajak penghasilan. Tidak hanya itu pembelajaran dengan video animasi juga mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar (Mashuri amp Budiyono 2020). Video animasi juga mampu menjelaskan materi yang sulit untuk dijelaskan secara verbal menjadi lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipahami (Noviyanto et al. 2015). Adapun saran untuk guru kelas yang hendak menggunakan media video animasi pada kegiatan pembelajaran di kelas hendaknya untuk memperhatikan durasi video. Agar video tidak terlalu panjang lebih baik video dibuat beberapa bagian dengan masing-masing bagian berdurasi 10 menit atau kurang dari itu. Materi yang disajikan dalam video animasi akan lebih baik jika hanya memuat materi inti agar siswa dapat lebih mudah dalam mempelajari materi. Selain itu bagi peneliti yang akan mengembangkan produk ini lebih lanjut peneliti menyarankan untuk dapat melakukan uji efektivitas dari media yang dikembangkan dengan pre test dan post test agar lebih terlihat efektivitas penerapan media video animasi sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan media video animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186313

Actions (login required)

View Item View Item