Wulan, Desi Darma (2015) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawang pokok bahasan suhu dan kalor / Desi Darma Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulan Desi Darma. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Skripsi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutarman M.Pd (II) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci pembelajaran inkuiri terbimbing penguasaan konsep fisika Penguasaan konsep fisika merupakan salah satu kemampuan penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika. Penerapan model yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran sangat diperlukan. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan dalam pembelajaran suhu dan kalor untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (model pembelajaran) dan variabel terikat (penguasaan konsep fisika). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel untuk penelitian yaitu siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 3 dengan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes penguasaan konsep fisika yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda pada materi suhu dan kalor dokumentasi wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing menghasilkan rata-rata posstest siswa yang lebih baik daripada rata-rata yang dibelajarkan dengan model konvensional pada materi suhu dan kalor. Rata-rata nilai posttest siswa kelas ekperimen adalah 61 57 sedangkan rata-rata nilai posttest siswa kelas kontrol adalah 51 20. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t yang menunjukkan bahwa thitung 2 256 1 997 (t66 0 05). Jadi dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan suhu dan kalor. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Lawang pokok bahasan suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |