Pengaruh motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi s1 pendidikan ekonomi angkatan 2017 universitas negeri malang / Rosalia Vernanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi s1 pendidikan ekonomi angkatan 2017 universitas negeri malang / Rosalia Vernanda

Vernanda, Rosalia Vernanda (2021) Pengaruh motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi s1 pendidikan ekonomi angkatan 2017 universitas negeri malang / Rosalia Vernanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Vernanda Rosalia. 2021. Pengaruh Motivasi Berwirausaha Pembelajaran Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci motivasi berwirausaha pembelajaran kewirausahaan penggunaan media sosial minat berwirausaha Mengurangi angka pengangguran pada lulusan sarjana terdapat berbagai upaya salah satunya yaitu menjadi seorang wirausahawan. Menjadi seorang wirausahawan berawal dari minat berwirausaha yang dimiliki oleh masing ndash masing individu. Minat berwirausaha ini dapat timbul karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu maupun dari lingkungan sekitar. Sehingga dalam hal ini minat seseorang tidak muncul begitu saja melainkan tumbuh dan berkembang dari faktor ndash faktor yang mempengaruhinya misalnya yaitu adanya motivasi berwirausaha adanya pembelajaran kewirausahaan dan adanya penggunaan media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 (2) mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 (3) mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 dan (4) mengetahui pengaruh motivasi berwirausaha pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimulai dari uji asumsi klasik seperti uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya terdapat uji regresi dan uji hipotesis yang diantaranya meliputi uji regresi linear berganda uji parsial (uji t) uji simultan (uji f) uji koefisien determinasi dan sumbangan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai sig pada tabel coefficients motivasi berwirausaha memperoleh nilai sebesar 0 000 pembelajaran kewirausahaan memperoleh nilai sebesar 0 035 dan penggunaan media sosial memperoleh nilai sebesar 0 001 sedangkan pada tabel Anova nilai sig diperoleh sebesar 0 000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 dan secara simultan motivasi berwirausaha pembelajaran kewirausahaan dan penggunaan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. Adapun saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu bagi mahasiswa hendaknya dapat terus memperkuat motivasi berwirausaha dan dapat menggunakan media sosial secara optimal. Sedangkan bagi Unviersitas Negeri Malang hendaknya dapat lebih sering mengadakan berbagai seminar kewirausahaan. Sehingga nantinya mahasiswa dapat lebih memiliki wawasan yang luas terkait dunia wirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186309

Actions (login required)

View Item View Item