Ardianti, Risa (2021) Pengaruh intensitas informasi teman sebaya, literasi ekonomi, dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada genbi Universitas Negeri Malang periode 2020-2021 / Risa Ardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Membuat perencanaan sebelum berbelanja dengan menyusun daftar belanja maupun daftar rincian biaya yang akan dikeluarkan membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati saat sedang berbelanja. Akan tetapi jika individu tidak melakukan perencanaan sebelum berbelanja dan cenderung tidak rasional maka akan menimbulkan pembelian yang tidak terduga atau biasa disebut dengan pembelian impulsif. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif adalah intensitas informasi teman sebaya hal ini dikarenakan teman sering membujuk dan memberi saran pada individu sehingga ketika seseorang sedang berada di pusat perbelanjaan bersama teman maka ia akan sering melakukan keputusan pembelian terhadap suatu barang secara spontan dan tanpa pertimbangan. Oleh karena itu pemahaman mengenai ilmu ekonomi berupa literasi ekonomi sangat diperlukan dalam penerapan kehidupan sehari-hari sehingga seseorang dapat terhindar dari pembelian impulsif. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kontrol diri karena dapat membuat seseorang mampu mengarahkan dan mengatur tingkah lakunya sehingga berdampak baik pada orang tersebut. Atas dasar penjabaran dari permasalahan di atas maka tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengukur dan menganalisis pengaruh secara parsial intensitas informasi teman sebaya terhadap pembelian impulsif pada GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021 (2) untuk mengukur dan menganalisis pengaruh secara parsial literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif pada GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021 (3) untuk mengukur dan menganalisis pengaruh secara parsial kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021 (4) untuk mengukur dan menganalisis pengaruh secara simultan antara teman sebaya literasi ekonomi dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021. Dalam penelitian ini akan digunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif di mana penelitian ini nantinya dilakukan agar dapat mengetahui ada tidaknya pengaruh dari teman sebaya literasi ekonomi dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif. Sasaran responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa GenBI Universitas Negeri Malang Periode 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 75 orang dan mayoritas berasal dari Fakultas Ekonomi. Dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 maka digunakan sampel jenuh. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil jawaban angket dan tes yang dibuat menggunakan Google Form dengan fitur Single Sign-on dengan cara mengirimkan link pada masing-masing nomor Whatsapp responden. Instrumen penelitian akan diujikan terlebih dahulu kepada mahasiswa GenBI UIN Maulana Malik Ibrahim untuk diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelah diperoleh jawaban yang telah diisi oleh responden asli selanjutnya akan dilakukan uji asumsi klasik dan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan tabel Coefficientsa intensitas informasi teman sebaya memiliki nilai Sig. sebesar 0 000 literasi ekonomi memiliki Sig. sebesar 0 017 dan kontrol diri memiliki Sig. sebesar 0 000. Dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel independen dalam penelitian ini memiliki nilai Sig. yang lebih kecil dari 5% artinya seluruh variabel independen dalam penelitian ini dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap pembelian impulsif. Berdasarkan tabel Coefficientsa menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki hubungan positif terhadap pembelian impulsif sedangkan literasi ekonomi dan kontrol diri memiliki hubungan negatif terhadap pembelian impulsif pada GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021. Selanjutnya berdasarkan tabel Anovaa nilai Sig. menunjukkan 0 000 artinya Sig. lebih kecil dari 5%. Dapat diputuskan bahwa variabel independen dalam penelitian ini secara simultan berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021. Berdasarkan sumbangan efektif dalam penelitian ini variabel intensitas informasi teman sebaya adalah yang paling dominan dalam mempengaruhi pembelian impulsif. Saran yang dapat peneliti berikan kepada mahasiswa GenBI Universitas Negeri Malang periode 2020-2021 adalah meningkatkan literasi ekonomi dan kontrol diri agar dapat terhindar dari pembelian impulsif sehingga mereka dapat mengelola keuangan pribadi dan uang beasiswa secara rasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/186303 |
Actions (login required)
View Item |