Pengaruh penggunaan smartphone dan pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x ips MAN 1 Lamongan / Qurrotu A’yuni Syifana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan smartphone dan pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x ips MAN 1 Lamongan / Qurrotu A’yuni Syifana

Syifana, Qurrotu A'yuni (2021) Pengaruh penggunaan smartphone dan pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x ips MAN 1 Lamongan / Qurrotu A’yuni Syifana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era industri 4.0 sangat pesat dan berdampak besar pada proses pembelajaran. Salah satu teknologi dibidang komunikasi yang cepat dan praktis saat ini adalah smartphone. Salah satu penunjang utama dari penggunaan smartphone sendiri yaitu dengan adanya akses internet. Siswa dapat menggunakan smartphone untuk menunjang kebutuhan belajarnya yang berhubungan dengan materi-materi pembelajaran yang diberikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemanfaatan e-learning digunakan saat pandemi covid-19 yang telah mengubah proses belajar yang secara tatap muka menjadi full online. MAN 1 Lamongan sebagai salah satu lembaga pendidikan dibawah Kementrian Agama mengambil keputusan untuk memanfaatkan aplikasi e-learning madrasah untuk pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan smartphone dan pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 1 Lamongan sampel yang diambil sebanyak 86 siswa dari 110 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket berupa google form dan dokumentasi hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diuji menggunakan analisa statistik Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dengan tingkat signifikan untuk penggunaan smartphone sebesar 0.000 dan pemanfaatan e-learning sebesar 0.000. Dalam uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai R square sebesar 0.451.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186301

Actions (login required)

View Item View Item