Fitriana, Aprillia (2015) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok, Madiun / Aprillia Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriana Aprillia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. (II) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata kunci model inkuiri terbimbing keaktifan hasil belajar. Observasi pembelajaran di kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun menunjukkan bahwa saat pembelajaran banyak siswa yang tingkat keaktifannya kurang tampak hanya beberapa siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan selama pembelajaran dan kegiatan diskusi didominasi oleh siswa tertentu. Fakta lain di kelas VIII-A adalah hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu dalam pemilihan model pembelajaran harus menekankan pada pemberian pengalaman langsung agar potensi yang ada pada diri siswa semakin berkembang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah pembelajaran melalui model inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun 2) meningkatan keaktifan siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun dan 3) meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan masing-masing siklus. Dalam masing-masing siklus terdapat lima langkah pembelajaran yaitu konfrontasi dengan masalah pengajuan hipotesis pengumpulan data mengorganisasi dan merumuskan penjelasan serta menganalisis proses inkuiri. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII-A dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil analisis data diperoleh dua simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 63 25% dan meningkat pada siklus II sebesar 74 15%. Kedua hasil belajar fisika siswa kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Batok Madiun ini juga mengalami peningkatan. Pada ranah kognitif untuk siklus I nilai rata-rata 60 2 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 77 1. Pada ranah psikomotor untuk siklus I dengan persentase 68 7% dan pada siklus II meningkat dengan persentase sebesar 75 9%. Pada ranah afektif untuk siklus I dengan persentase 73 33% dan pada siklus II meningkat dengan persentase sebesar 81 93%.Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |