Agustin, Rinanda Dwi (2015) Pengembangan video pembelajaran fisika berbasis problem solving pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas X MIA SMA / Rinanda Dwi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin Rinanda Dwi. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving pada Materi Fluida Statis untuk Perserta Didik Kelas X MIA SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci Video Pembelajaran Fisika Problem Solving Fluida Statis Kurikulum 2013 disusun oleh pemerintah Indonesia untuk memenuhi tuntutan abad 21 yang berhubungan dengan pendidikan. Di dalam tuntutan abad 21 terdapat tiga keterampilan yang dibutuhkan yaitu hidup dan berkarir belajar dan berinovasi dan teknologi dan media informasi (Partnership for 21st Century skills 2008 13). Salah satu keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 yang sangat penting yaitu keterampilan memecahkan masalah (problem solving). Meskipun penting kemampuan siswa dalam pemecahan masalah adalah rendah. Oleh karena itu dilakukanlah pengembangan video pembelajaran Fisika berbasis problem solving pada materi Fluida Statis untuk peserta didik kelas X MIA SMA. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan video pembelajaran fisika berbasis problem solving pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas X MIA SMA dan mengetahui kelayakan produk yang dibuat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Menurut Sugiyono (2013 409) penelitian dan pengembangan memiliki 10 langkah. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari 10 langkah yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk dan 7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap produk video pembelajaran fisika dan soal beserta pembahasannya. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan peserta didik terhadap video pembelajaran fisika berbasis problem solving. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk. Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli didapatkan nilai rata-rata 3 59. Ini menujukkan bahwa produk video pembelajaran fisika ini valid.Berdasarkan hasil validasi soal dan pembahasan oleh ahli didapatkan nilai rata-rata dari ranah materi 3 73 dan 3 66 dari ranah konstruksi. Ini menujukkan bahwasoal dan pembahasanpada video pembelajaran fisika ini valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas oleh peserta didik menyatakan bahwa produk menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Kekuatan produk yang dikembangkan terletak pada latihan pemecahan masalahnya. Produk yang dikembangkan fokus untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) peserta didik. Sehingga dalam video pembelajaran ini berisi soal-soal beserta penyelesaiannya. Kelemahan produk berkaitan dengan pemecahan masalah adalah variasi dan jumlah soal latihan yang dirasa kurang oleh peneliti produk yang dikembangkan tidak interaktif dan kesesuaian produk dengan pendekatan ilmiah masih kurang. Selain itu efektivitas produk untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum dapat diketahui karena produk belum diujikan penggunaannya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |