Pengembangan media pembelajaran multimedia terintegrasi imtaq pada materi momentum dan impuls untuk siswa kelas XI / Puspa Monalisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia terintegrasi imtaq pada materi momentum dan impuls untuk siswa kelas XI / Puspa Monalisa

Monalisa, Puspa (2015) Pengembangan media pembelajaran multimedia terintegrasi imtaq pada materi momentum dan impuls untuk siswa kelas XI / Puspa Monalisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Monalisa Puspa. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Terintegrasi Imtaq pada Materi Momentum dan Impuls untuk Siswa Kelas XI. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Drs. Yudyanto M.Si. Kata Kunci pengembangan multimedia imtaq momentum dan impuls Mengacu pada UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa maka diperlukan adanya pengintegrasian nilai-nilai imtaq kedalam media pembelajaran yang digunakan oleh siswa sehingga selain mendapatkan pemahaman materi siswa juga akan memperoleh motivasi dari aspek imtaq yang diintegrasikan tersebut. Nilai imtaq yang perlu diintegrasikan adalah berupa nilai kejujuran kedisiplinan dan tanggungjawab karena nilai-nilai tersebut sudah mulai jarang ditemukan dalam diri pribadi siswa.Penelitian inibertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia yang terintegrasi imtaq untuk mendukung kegiatan belajar Fisika siswa kelas XI dan mendeskripsikan kelayakan produk media untuk mendukung kegiatan belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri 5 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) uji coba dan (5) penyempurnaan produk. Data penelitian yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada subjek coba. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket validasi dan uji coba terbatas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik persentase serta menggunakan kriteria evaluasi milik Sudjana untuk menentukan kelayakan produk sementara untuk data kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman (Sugiono 2012). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil persentase rata-rata dari produk media pembelajaran multimedia terintegrasi imtaq yang sudah divalidasi adalah sebesar 89 3% sehingga dapat disimpulkan bahwa produk media yang dihasilkan sudah layak dan dapat digunakan untuk belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item View Item