Putri, Ebtiandita Mulia (2015) Pengembangan media pembelajaran fisika SMA berbasis multimedia swishmax 4 berdasarkan pendekatan saintifik materi alat-alat optik / Ebtiandita Mulia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Ebtiandita Mulia. 2015. Pengembangan Media PembelajaranFisika SMA Berbasis Multimedia SwishMax 4 Berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Materi Alat-alat Optik. Skripsi jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Winarto M.Pd (2) Sulur S.Pd M.Si M.TD Kata kunci media pembelajaran fisika swishmax 4 pendekatan saintifik Alat-alat Optik Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yangmenekankan pada pengalaman belajar mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Untuk memudahkan pembelajaran di kelas perlu dibantu dengan media pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik.Salah satu media yang dapat digunakan adalah dengan menyediakan media pembelajaran fisika berbasis multimedia komputer agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Untuk membuat animasi dalam waktu yang cepat dan mudah dapat digunakan aplikasi SwishMax 4. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah meneliti dan mengembangkan media pembelajaran menggunakan multimedia SwishMax 4berdasarkan pendekatan saintifik pada materi Alat-alat Optik serta menguji kelayakan media tersebut. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Dari 10 langkah pengembangan oleh Borg W.R. dan Gall M.D peneliti mengambil 5 langkah yaitu (1) studi pendahuluan (pengumpulan data) (2)perencanaan (3)pengembangan draf produk (4) uji coba terbatas (uji coba lapangan awal) dan (5) merevisi hasil uji coba terbatas. Data validai diperoleh melalui usaha validasi isi dan konstruksi oleh ahli materi dan media. Data uji coba penggunaan diperoleh dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media dikatakan valid dan layak. Hasil validasi diperoleh kelayakan media dari ahli media sebesar 85 07% dan kelayakan materi dari ahli materi sebesar 81%. Sehingga multimedia layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis uji terbatas menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik belajar menggunakan media dari pada pembelajaran tanpa menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |