Pengembangan model fasilitasi kegiatan peserta didik mengobservasi dan mengasosiasi dalam pembelajaran IPA (fisika) kelas VIII berbasis pendekatan saintifik / Intan Febry Sulasiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model fasilitasi kegiatan peserta didik mengobservasi dan mengasosiasi dalam pembelajaran IPA (fisika) kelas VIII berbasis pendekatan saintifik / Intan Febry Sulasiwi

Sulasiwi, Intan Febry (2015) Pengembangan model fasilitasi kegiatan peserta didik mengobservasi dan mengasosiasi dalam pembelajaran IPA (fisika) kelas VIII berbasis pendekatan saintifik / Intan Febry Sulasiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulasiwi IntanFebry. 2015. Pengembangan Model FasilitasiKegiatanPesertaDidikMengobservasidanMengasosiasidalamPembelajaran IPA (Fisika) Kelas VIII denganPendekatanSaintifik. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci Model Fasilitasi Mengobservasi Mengasosiasi Peranan guru bukan lagi sebagai transfer of knowledge maupun satu-satunya sumber belajar (teacher center). Dalam hal ini peserta didik aktif mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri sedangkan guru berperan sebagai mediator dan fasilitator untuk mengembangkan potensi yang ada pada peserta didik. Peserta didik belum mendapatkan fasilitasi yang memadai untuk melakukan kegiatan observasi dan asosiasi.Dilakukanpenelitiandengantujuanmengembangkandanmengetahuikelayakanmodel fasilitasi kegiatan peserta didik mengobservasi dan mengasosiasi dalam pembelajaran IPA (Fisika) berbasis pendekatan saintifik. Model pengembangan prosedural yang digunakan mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2013 184-187). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan tersebut terdiri atas (1) Studi pendahuluan diantaranya survei lapangan dan studi pustaka (2) Pengembangan meliputi penyusunan draf model uji coba kebutuhan model fasilitasi dan revisi draf model pengembangan produk validasi produk revisi produk (3) uji coba terbatas (4) revisi produk dan (5) produk akhir model fasilitasi. Persentase rata-rata kelayakan produk model fasilitasi menurut validator adalah sebesar 99.75 %. Kelayakan produk ketika diaplikasikan di lapangan mendapat penilaian dengan persentasi 96.67%. Berdasarkan perolehan nilai persentase tersebut dapat dikatakan bahwa model fasilitasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak sangat baik dan tidak perlu dilakukan revisi. Produk model fasilitasi yang dikembangkan dapat diaplikasikan atau digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan pada hasil pengembangan produk ini adalah (a) melakukanuji coba lebih lanjut terhadap produkmodel fasilitasi kegiatan mengobservasi dan mengasosiasi (b) melakukanpenelitian eksperimen dengan menguji cobakan produk model fasilitasi untuk kegiatan mengobservasi dan mengasosiasi dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas control (c) melakukanpenelitian lebih lanjut pada KD lain selain KD 3.10 dan KD 4.10maupun pada jenjang kelas lain selain kelas VIII SMP (d) melakukanpenelitian lebih lanjut pada KD 3. 10 dan KD 4.10 maupun KD yang lain dengan tahap pendekatan saintifik yang lain yaitu menanya mengumpulkan informasi dan mengkomunikaskan dan (e) penelitian dan pengembanagan lebih lanjut untuk mengetahui kebutuhan peserta didik selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item View Item