Penerapan discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang / Aluk Khofidatul Amsiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang / Aluk Khofidatul Amsiyah

Amsiyah, Aluk Khofidatul (2015) Penerapan discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang / Aluk Khofidatul Amsiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amsiyah Aluk Khofidatul. 2015. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci Discovery Learning keterampilan proses sains prestasi belajar. Hasil observasi awal pembelajaran fisika di kelas X-2 memperoleh informasi bahwa keterampilan proses sains berupa keterampilan observasi interpretasi klasifikasi prediksi hipotesis mengajukan pertanyaan dan menerapkan konsep tergolong rendah Karena tidak pernah dilatihkan. Prestasi belajar siswa juga rendah karena pada hasil UAS ganjil tahun 2014/2015 nilai rata-rata sebesar 66.34 dan 75% remidi. Nilai rata-rata tiap ranah kognitif C1 C2 C3 dan C4 juga rendah sebesar 71.87 65.63 64.07 dan 59 38. Upaya guru dalam memperbaiki masalah ini adalah dengan memfasilitasi praktikum sederhana walaupun hanya 2 kali dalam setahun serta guru sudah memberi lebih banyak latihan soal tetapi langkah tersebut belum dapat mengatasi maslah. Discovery learning dipilih karena dalam sintaks pembelajarannya dapat melatihkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana keterlaksanaan Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang (2) bagaimana peningkatan keterampilan proses siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang selama penerapan Discovery Learning dan (3) bagaimana peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang selama penerapan Discovery Learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini adalah keterlaksanaan pem bel ajaran keterampilan proses dan prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lembar tes dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran lembar tes digunakan untuk mengukur keterampilan proses dan prestasi belajar. Data dianalisis dengan mereduksi dan mempersentase data. Tahap terakhir adalah tahap refleksi untuk menentukan lanjut atau tidaknya penelitian. Hasil analisis data pada siklus I dan II menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery Learning terlaksana dengan baik serta keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tumpang mengalami peningkatan. Keterlaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 75.4% dan siklus II 90.05% mengalami peningkatan 14.65%. Hal ini karena guru sudah memperbaiki pengelolaan waktu pada siklus II. Keterampilan proses sains juga mengalami peningkatan siklus I nilai rata-rata keterampilan proses sainsnya 59.9 dan meningkat pada siklus II menjadi 77.5. Hal ini dikarenakan pada siklus II keterampilan proses sudah lebih dilatihkan pada tahap-tahap pembelajarannya. Prestasi belajar siswa selama diterapkannya discovery learning mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata kelasnya 66.45 meningkat menjadi 79.23 pada siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 51.61% meningkat menjadi 76.92% pada siklus II. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran discovery learning pengetahuan diperoleh oleh siswa itu sendiri dan pada siklus II diberikan lebih banyak latihan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18617

Actions (login required)

View Item View Item