Ibad, Muhammad Irsyadul (2015) Penerapan model pembelajaran discovery dilengkapi dengan tinjauan teoritis untuk meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA III MAN Malang 1 dalam materi kalor / Muhammad Irsyadul Ibad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ibad Muhammad Irsyadul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Dilengkapi Dengan Tinjauan Teoritis Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 3 MAN Malang 1 Dalam Materi Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HM Wartono M.Pd (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Discovery yang dilengkapi tinjauan teoritis keaktifan belajar prestasi belajar. Fisika termasuk salah satu cabang dari sains yang dipelajari oleh siswa dengan interaksi langsung terhadap objek yang diselidiki melalui proses penemuan dan kajian sehingga seharusnya pembelajaran di kelas berpusat pada siswa. Namun faktanya pembelajaran di kelas X MIA 3 MAN Malang 1 masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Nilai rata-rata kelas mata pelajaran fisika kelas X MIA 3 adalah 70 dan nilai tersebut berada di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah tersebut. Pada kelas tersebut hanya 8 dari 29 atau 27 5% yang melampaui KKM. Hal ini menujukkan prestasi belajar siswa kelas tersebut masih relatif rendah. Dikatakan pembelajaran fisika di kelas X MIA 3 perlu diperbaiki. Salah satu bentuk perbaikan pembelajaran yang dapat dilakukan adalah menerapkan suatu model pembelajaran yang memusatkan pembelajaran pada siswa sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Penelitaian Tindakan Kelas (PTK). Menerapkan model pembelajaran Discovery yang dilengkapi tinjauan teoritis untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa pada bab kalor. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa keterlaksanaan pembelajaran keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa. Data-data tersebut didapatkan dari dua instrumen yaitu instrumen perlakuan yang meliputi RPP dan LKS dan instrumen pengukuran yang meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar observasi keaktifan belajar siswa serta lembar tes prestasi belajar dan catatan lapangan. Persentase keterlaksanaan model pembelajaran Discovery dilengkapi tinjauan teoritis pada siklus I sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 93%. Persentase rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 86 %. Persentase ketuntasan pra tindakan sebesar 27 5% siklus I sebesar 54% dan meningkat pada siklus II sebesar 79% dan rata-rata kelas sebelum diberi tindakan masih 70 meningkat pada siklus I menjadi 78 dan pada siklus II nilai rata-rata kelasnya sebesar 80. Dari analisis data tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery dilengkapi tinjauan teoritis dapat terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 MAN Malang 1.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |