Pengaruh 7E-Learning cycle terhadap prestasi belajar fisika dan kerja ilmiah siswa kelas X di SMAN 1 Srengat / Rendik Dwi Purwowidodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh 7E-Learning cycle terhadap prestasi belajar fisika dan kerja ilmiah siswa kelas X di SMAN 1 Srengat / Rendik Dwi Purwowidodo

Purwowidodo, Rendik Dwi (2015) Pengaruh 7E-Learning cycle terhadap prestasi belajar fisika dan kerja ilmiah siswa kelas X di SMAN 1 Srengat / Rendik Dwi Purwowidodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwowidodo Rendik Dwi. 2015. Pengaruh 7E-Learning Cycle Terhadap Prestasi Belajar Fisika dan Kerja Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 1 Srengat. Skripsi Progam Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Dr. Parno M.Si. Kata kunci model pembelajaran 7E-Learning Cycle prestasi belajar kerja ilmiah Model pembelajaran 7E-Learning Cycle merupakan model pembelajaran yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu elicit engagement exploration explanation elaborate evaluation extend.Learning cycle merupakan pembelajaran yang berdasar pada pembelajaran konstruktivis. Pembelajaran konstruktivis menekankan dimana pengetahuan dibentuk dari dalam pikiran manusia itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh 7E-Learning Cycle terhadap prestasi belajar dan kerja ilmiah siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian posttest only control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Srengat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling yaitu kelas X-E sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Waktu pelaksanaan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa dan instrumen pengukuran berupa soal posttest dan hasil observasi kerja ilmiah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan tes tulis (posttest). Kemudian dilanjutkan dengan analisis data yang menggunakan uji hipotesis anova satu jalan (one way anova). Dengan sebelumnya melakukan uji prasyarat dengan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlet. Sesuai dengan hasil analisis terhadap prestasi belajar dan kerja ilmiah siswa yang dilakukan dengan uji anova satu jalan (one way anova)pada taraf signifikansi 0 05 didapatkan hasil thitung ttabel (2 025) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan ada perbedaan prestasi belajar dan kerja ilmiah antara siswa yang belajar dengan mode 7E-Learning Cycle dan model konvensional. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan peneliti lain yang menggunakan model pembelajaran 7E-Learning Cycle mengukur hasil belajar dari tiga ranah secara bersamaan yaitu ranah kognitif afektif dan psikomotor. Dapat mengatur waktu dalam kegiatan pembelajaran di kelas guna terlaksana tahapan dalam model 7E-Learning Cycle. Serta dalam pemberian permasalahan peneliti lain agar lebih variatif sehingga siswa akan lebih dapat tertarik dengan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item View Item