Sholikhah, Rurin Rahma Zuliatus (2015) Penerapan model pembelajaran inquiry training untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit / Rurin Rahma Zuliatus Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahma Rurin. 2013. Penerapan Model PembelajaranInquiry Training untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Wartono Dr. M.Pd H. Kata Kunci model pembelajaran Inquiry Training kerja ilmiah hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit diperoleh informasi bahwa siswa belum pernah melakukan kegiatan percobaan belum bisa membuat hipotesis yang benar menarik kesimpulan dan mempresentasikan hasil diskusi.Pembelajaran fisika yang dilaksanakan masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.Akibatnya kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa menjadi rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil ulangan harian fisika yaitu hanya 32% siswa yang mencapai KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran inquiry traininguntuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif di kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit (2) bagaimana peningkatan kerja ilmiah siswa kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit setelah diterapkan model pembelajran inquiry training dan (3) bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP PGRI 4 Dampit setelah diterapkan model pembelajran inquiry training. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 4 DampitKabupaten Malangdengan subjek penelitian siswa kelasVIII B. Data penelitian ini adalah keterlaksanaan pem bel ajaran kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tesdan lembar observasiuntuk mengukur keterlaksa naan pembelajaran kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan mereduksi dan mempersentase data. Tahap terakhir adalah tahap refleksi untuk menentukan lanjut atau tidaknya penelitian. Hasil analisis data pada siklus I dan II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry trainingterlaksana dengan baik serta kerja ilmiahdan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B SMP PGRI 4 dampitmengalami peningkatan. Keter laksanaan pembel ajaran pada siklus I sebesar 78 50%dan pada siklus II sebesar 88 75% dengan pening katan sebesar 10 25%. Kerja ilmiah pada siklus I yaitu 78 7% dan pada siklus II yaitu 90 3% dengan pening katan sebesar 11 6%. Hasil belajar kognitif siswa diperoleh rata-rata nilai sebelum tindakan yaitu 68 0 pada siklus I yaitu 71 2 dengan peningkatan sebesar 3 2 dan pada siklus II yaitu 77 9 dengan peningkatan sebesar 6 7. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I adalah 48% dan meningkat menjadi 72% di siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |