Pengaruh levels of inquiry-interactive demonstration terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran fisika kelas X / Retno Ayu Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh levels of inquiry-interactive demonstration terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran fisika kelas X / Retno Ayu Hidayati

Hidayati, Retno Ayu (2015) Pengaruh levels of inquiry-interactive demonstration terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran fisika kelas X / Retno Ayu Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Retno Ayu. 2015. Pengaruh Levels of Inquiry-Interactive Demonstration terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr.Muhardjito M.S Kata Kunci levels of inquiry-interactive demonstration kemampuan berpikir kritis Pembelajaran abad 21 menuntut pembelajaran yang mengedepankan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran yang mengedepankan berpikir kritis dapat melatih siswa untuk mengambil keputusan yang tepat dari suatu masalah. Levels of inquiry-interactivedemonstration dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui proses pembelajaran menggunakan demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengujiefektivitas kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar fisika menggunakanlevels of inquiry-interactive demonstration dan siswa yang belajarfisika menggunakanlevels of inquiry-discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain postest-only control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 9 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan diperoleh kelas X-MIA 4 sebagai kelas eksperimen danX-MIA 5 sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian terdiri atas silabus RPP lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal kemampuan berpikir kritis materi Suhu dan Kalor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan bepikir kritis yang terdiri atas 7 soal uraian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Mann Whitney-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar fisika menggunakanlevels of inquiry-interactive demonstration lebih tinggi daripada siswa yang belajar fisikamenggunakanlevels of inquiry-discovery learning. Oleh karena itu levels of inquiry-interactive demonstrationdapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item