Pengaruh model Problem Posing Learning (PPL) terhadap kemampuan berpikir analitis dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MAN I Malang / Risa Indah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Posing Learning (PPL) terhadap kemampuan berpikir analitis dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MAN I Malang / Risa Indah

Indah, Risa (2015) Pengaruh model Problem Posing Learning (PPL) terhadap kemampuan berpikir analitis dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MAN I Malang / Risa Indah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indah Risa. 2015. Pengaruh Model Problem Posing Learning (PPL) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MAN I Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci Problem Posing Learning kemampuan berpikir analitis pemahaman konsep. Model Problem Posing Learning (PPL) adalah model pembelajaran yang berorientasi pada aliran konstruktivis yaitu siswa membangun sendiri pengetahuannya yang dihubungkan dengan informasi yang sudah dimiliki bukan hanya hafalan saja. PPL mengharuskan siswa menyusun pertanyaan sendiri. Melalui kegiatan tersebut kemampuan berpikir yang dapat dikembangkan adalah kemampuan berpikir analitis. Selain itu model PPL juga membiasakan siswa merumuskan menghadapi dan menyelesaikan masalah yang merupakan cara untuk mencapai pemahaman konsep dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitiannya adalah eksperimen semu dengan posttest only control group design. Tujuan mendasar dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan berpikir analitis dan pemahaman konsep siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang dikenai perlakuan yaitu penerapan model PPL sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang menerapkan model pembelajaran dari guru pengajarnya yaitu model Cooperative Learning Tipe STAD. Setelah dilakukan penelitian dan diukur kemampuan berpikir analitis serta pemahaman konsep siswa di dua kelas diperoleh hasil bahwa (1) kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol dan (2) pemahaman konsep siswa kelas eksperimen tidak lebih baik daripada siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18611

Actions (login required)

View Item View Item