Pengembangan media pembelajaran remedial (remedial teaching) berbantuan komputer menggunakan program Camtasia pada materi optika geometri untuk SMA / Binti Azizatul Auwaliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran remedial (remedial teaching) berbantuan komputer menggunakan program Camtasia pada materi optika geometri untuk SMA / Binti Azizatul Auwaliyah

Auwaliyah, Binti Azizatul (2015) Pengembangan media pembelajaran remedial (remedial teaching) berbantuan komputer menggunakan program Camtasia pada materi optika geometri untuk SMA / Binti Azizatul Auwaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Auwaliyah Binti A.2015. Pengembangan Media Pembelajaran Remedial (Remedial Teaching) Berbantuan Komputer Menggunakan Program Camtasia Pada Materi Optika Geometri Untuk SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Purbo Suwasono M.Si (II) Drs.H.Winarto M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Remedial (Remedial Teaching) Camtasia Optika Geometri. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa SMP dan SMA. Banyak siswa yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pelajaran sehingga seorang guru harus mengadakan pengajaran remedial. Keterbatasan waktu dengan beban materi yang harus dipelajari oleh siswa mengakibatkan guru jarang atau bahkan tidak pernah melakukan pengajaran remedial. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan membuat media Remedial Teaching berbasis komputer menggunakan program camtasia. Program Camtasia merupakan salah satu program yang dapat menghasilkan media berupa audio visual. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran remedial berbantuan komputer menggunakan program camtasia pada materi optika geometri untuk SMA dan mengetahui kelayakan media. Media pembelajaran remedial ini dikemas dalam bentuk DVD. Penelitian ini mengadopsi model penelitian pengembangan Borg Gall(1983) dan dibatasi sampai langkah ketujuh. Langkah-langkah pengembanganyang dilakukan peneliti sampai dengan tahap penyempurnaan produk hasil uji lapangan.Subjek penelitian dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XIIIPA dengan hasilprosentase rata-rata sebesar 76.6 %. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatifdan data kuantitatif . Media divalidasi oleh 4 orang validator ahli materi dan 4 orang validator ahli media. Setelah dianalisis media ini dinyatakan valid dengan prosentase rata-rata 87.5% dan 87.05 %.Hal ini menunjukkan bahwa media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran remedial. Beberapa saran berkaitan dengan pengembangan mediaremedial ini adalah penambahan program penilaian dilakukan uji coba meluas dan pengembangan ke tahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18610

Actions (login required)

View Item View Item