Penilaian autentik dalam pembelajaran fisika model discovery learning di SMA Negeri 9 Malang kelas X / Fery Hadi Sutrisno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penilaian autentik dalam pembelajaran fisika model discovery learning di SMA Negeri 9 Malang kelas X / Fery Hadi Sutrisno

Sutrisno, Fery Hadi (2015) Penilaian autentik dalam pembelajaran fisika model discovery learning di SMA Negeri 9 Malang kelas X / Fery Hadi Sutrisno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sutrisno Fery Hadi. 2015.Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning Di SMA Negeri 9 Malang Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci proses penilaian autentik discovery learning ranah sikap ranah kinerja portofolio. Penilaian autentik meskipun sesuai untuk menilai kemampuan siswa terutama pada aspek keterampilanya tetapi dalam penerapannya guru belum optimal dalam menggunakan penilaian autentik. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti didapatkan informasi bahwa guru menerapkan penilaian autentik hanya sebatas pemahamanya para guru masih mengalami kesulitan dalam sistem penilaiannya. Guru kesulitan apabila dalam proses pembelajaran guru juga harus melakukan penilaian kepada siswa. Dari fakta yang terjadi di lapangan perlu adanya penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana proses penilaian autentik yang dilakukan dalam proses pembelajaran terutama pada proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu dengan pendekatan ilmiah. Peneliti melakukan penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan proses penilaian autentik dalam pembelajaran Discovery Learning di SMA kelas X. Penelitian ini terdiri dari 4 pertemuan yang dimana setiap pertemuan menggunakan pembelajaran model Discovery Learning. Dalam setiap pertemuan akan dilakukan penilaian autentik oleh guru yaitu penilaian untuk ranah sikap siswa penilaian untuk ranah kinerja siswa dan penilaian portofolio. Peneliti akan memotret kegiatan proses penilaian yang terjadi dalam pembelajaran fisika model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses penilaian yang terjadi dalam pembelajaran secara apa adanya melalui pengumpulan data. Data-data tersebut kemudian dipaparkan dalam bentuk kalimat (deskriptif).Data penelitian yang diperoleh berupa data (1) proses penilaian autentik untuk ranah sikap dalam pembelajaran fisika model Discovery Learning (2) proses penilaian autentik untuk ranah kinerja siswa dalam praktikum (3) proses penilaian portofolio yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran fisika model Discovery Learning. Dari data tersebuta akan dianalisis secara kuantitatif untuk melihat aspek yang muncul dalam proses penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penilaian autentik untuk ranah sikap ranah kinerja dan portofolio dapat dideskripsikan menggunakan lembar observasi proses penilaian sehingga dapat dilihat keterlaksanaan pada setiap proses penilaian autentik yang dilakukan dalam pembelajaran. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item View Item