Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi Swishmax disertai scaffolding untuk membantu belajar mandiri dalam pemahaman konsep fluida statis / Shofi Hikmatuz Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi Swishmax disertai scaffolding untuk membantu belajar mandiri dalam pemahaman konsep fluida statis / Shofi Hikmatuz Zahroh

Zahroh, Shofi Hikmatuz (2015) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi Swishmax disertai scaffolding untuk membantu belajar mandiri dalam pemahaman konsep fluida statis / Shofi Hikmatuz Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahroh Shofi Hikmatuz. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis Animasi Swishmax disertai Scaffolding untuk Membantu Belajar Mandiri dalam Pemahaman Konsep Fluida Statis. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widjianto M.Kom (II) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata kunci animasi swishmax scaffolding belajar mandiri fluida statis Berdasarkan penelitian awal yang telah dilakukan di beberapa SMA Negeri di Kota Malang didapatkan bahwa siswa masih merasa kurang paham pada materi fisika khusunya pada materi fluida statis. Untuk itu dikembangkan media pembelajaran fisika berbasis animasi SwishMax disertai scaffolding untuk membantu belajar mandiri siswa dalam memahami konsep fluida statis. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangakan mevalidasi dan menguji coba media pembelajaran fisika berbasis animasi SwishMax disertai scaffolding untuk membantu belajar mandiri siswa dalam memahami konsep fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall dengan mengambil lima langkah awal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis animasi swishmax disertai scaffolding untuk membantu belajar mandiri siswa dalam memahami konsep fluida statis dapat digunakan oleh siswa SMA kelas X. Media pembelajaran ini memperoleh nilai validitas isi sebesar 82 64% dengan kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dan nilai validitas konstruk sebesar 84 82% dengan kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18608

Actions (login required)

View Item View Item