Pengembangan bahan ajar mandiri berbantuan software Camtasia pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA / Dwi Nurul Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mandiri berbantuan software Camtasia pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA / Dwi Nurul Hidayah

Hidayah, Dwi Nurul (2015) Pengembangan bahan ajar mandiri berbantuan software Camtasia pokok bahasan suhu dan kalor untuk siswa SMA / Dwi Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayah Dwi Nurul. 2015. PengembanganBahan Ajar MandiriBerbantuan SoftwareCamtasiaPokokBahasanSuhudan Kaloruntuk Siswa SMA.Skripsi JurusanFisika Fakultas MIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. AgusSuyudi M.Pd. (II) Dr. SentotKusairi S.Pd M.Si Kata Kunci bahan ajar mandiri Software camtasia suhu dan kalor Proses pembelajaran pada suatu Kompetensi Dasar terdapatbanyakpermasalahan. Hasilwawancara dengan guru dan pemberian angketkepada 22 siswa di salahsatusekolah di kota Malangdidapatkan data bahwa 72 70 % siswa tidakdapatmenangkapmateri pembelajaran dalam sekalipenjelasan perlukeberulangan dalam penyampaianpenjelasanmateri. Hasilangkettingkatpenguasaankonsep siswa dalam satupertemuan rata-rata 69.72% .Pembimbingan guru jugahanyaberlangsung di kelas dengan waktu yang terbatasketikadiskusiberlangsung dan belumadabahan ajar mandiriuntuk siswa.Berdasarkanpermasalahan yang diuraikan makadilakukanpengembanganbahan ajar mndiriberbantuan software camtasiapokokbahasansuhu dan kaloruntuksiswa SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitianpengembanganbahan ajar mandiri siswa berbantuan software camtasiamateriSuhu dan Kaloruntuk siswa SMA mengadaptasi model pengembanganFour-D ModelolehThiagarajan (1974 5). Tahapan model pengembangan3D Model yang terdiridaritigatahap.Tahapantersebutmeliputitahappendefinisian (define) tahapperancangan (design) tahappengembangan (develop). Bahan ajar mandiriiniterdiridari video pembahasanmateri dengan jumlah 5 sub bab 5 video pembahasansoallatihan dan 5 video praktikum atau demonstrasi. Bahan ajar mandiriinijugaterdapatsoalevaluasiuntukmengukurkeberhasilandari pembelajaran mandiri oleh siswa sehingga guru bisamengetahui dan menindaklanjutihasiltersebut.Berdasarkananalisis datavalidasikeseluruhanoleh 3 valiadoryaitu 1 dosen dan 2 guru diperolehnilai rata-rata sebesar 3.285.jikadisesuaikan dengan kriteria yang telahditentukan makanilaitersebutdinyatakanvalid dan layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18607

Actions (login required)

View Item View Item