Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X / Noviati Ika Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X / Noviati Ika Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Noviati Ika (2015) Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X / Noviati Ika Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas Noviati Ika. 2014. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd (2) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci project based learning kemampuan pemecahan masalah Kemampuan pemecahan masalah perlu dioptimalkan dalam sebuah proses pembelajaran. Pemecahan masalah dipandang sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik ketika meninggalkan jenjang sekolah dan memasuki dunia nyata. Project Based Learning dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar aktif yang melibatkan peserta didik dalam merancang memecahkan masalah membuat keputusan melalui kegiatan proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika jika dibandingkan dengan Problem Based Learning (PBL). Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Malang semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Samplingdan diperoleh satu kelas belajar dengan menggunakan PjBL dan satu kelas yang lain belajar dengan menggunakan PBL. Instrumen penelitian terdiri dari silabus RPP dan soal kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik yakni diberikan tes uraian yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan dilanjutkan dengan menggunakan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Malang yang belajar dengan menggunakan PjBL dan peserta didik yang belajar dengan menggunakan PBL ditunjukkan dengan hasil uji thitung sebesar sebesar 5 015 2 (ttabel70 .05). Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Malang dengan PjBL lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan PBL ditunjukkan oleh nilai Qhitung sebesar 7 093 2 83 (Qtabel70 .05). Kelebihan dari PjBL dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah pada PjBL peserta didik untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan merencakan dan mengerjakan sebuah tugas proyek. Peserta didik dilibatkan untuk melakukan kegiatan bertanya merencanakan membuat keputusan serta menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item View Item