Dirja, Nur Hasan Pradana (2015) Pengembangan model fasilitasi kegiatan siswa menanya dalam pembelajaran fisika SMA berbasis scientific approach / Nur Hasan Pradana Dirja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dirja Nur Hasan Pradana. 2015. Pengembangan Model Fasilitasi Kegiatan Siswa Menanya dalam Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Scientific Approach.Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si Pembimbing (II) Drs. PurboSwasono M.Si. Kata kunci Model Fasilitasi KegiatanSiswaMenanya ScientificApproach Pada kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang aktif. Artinyaseorang guru bukanlagisebagaitransfer of knowledge maupunsatu-satunyasumber (teacher center).Dalamhalini siswaaktifmengkonstruksipengetahuanmerekasendirisepertimengamati menanya mengeksplorasi mengasosiasi danmengomunikasikan sedangkanguru berperansebagaimediator danfasilitatoruntukmengembangkanpotensiyangadapadadirisiswa.Namun pada kenyataannya siswamerasakesulitanuntukbertanya. Kesulitan tersebut diantaranya yaitu adanya ganjalan psikologis pada diri siswa serta kurangnya pengetahuan guru untuk memfasilitasi siswa dalam menanya. Sehingga untuk mengatasinya diperlukan model fasilitasi kegiatan siswa menanya. Model fasilitasi yang dimaksud adalah Skenario Kegiatan Siswa Menanya (SKSM) dan Skenario Fasilitasi Kegiatan Siswa Menanya (SFKSM) yang dalam penyusunannya menggunakan pendekatan saintifik. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model fasilitasi kegiatan siswa menanya yang layak untuk dimanfaatkan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran dan mengetahui kelayakan produk model fasilitasi kegiatan siswa menanya dalam pembelajaran fisika berbasis scientific approach. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall(Sukmadinata 2013 169) yang meliputi studi pendahuluan perencanaan pengembangan draf produk uji coba produk terbatas dan merevisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli (dua dosen fisika) serta uji coba terbatas oleh pengguna produk (1 kelas X MIA 3 SMAN 6 Malang). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik perhitungan rata-rata. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk SKSM dan SFKSM. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa SKSM dan SFKSMmasing-masing memperoleh nilai rata-rata kelayakan sebesar 3 8 dan 3 7 dari penilaian tim ahli yang berarti produk SKSM dan SFKSM layak untuk digunakan. Adapun kelebihan dari produk pengembangan ini yaitu dapat melatih dan meningkatkan minat bertanya siswa. Selain kelebihan juga memiliki kekurangan yaitu produk SKSM dan SFKSM hanya terbatas pada materi suhu kalor dan perpindahan kalor. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |