Pengembangan media pembelajaran berbasis pebdekatanb ilmiah menggunakan macromedia swishmax pada pokok bahasan hukum newton untuk siswa SAMNA kelas X / Bakhrul Rizky Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis pebdekatanb ilmiah menggunakan macromedia swishmax pada pokok bahasan hukum newton untuk siswa SAMNA kelas X / Bakhrul Rizky Kurniawan

Kurniawan, Bakhrul Rizky (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis pebdekatanb ilmiah menggunakan macromedia swishmax pada pokok bahasan hukum newton untuk siswa SAMNA kelas X / Bakhrul Rizky Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan BakhrulRizky. 2015. Pengembangan Media PembelajaranBerbasisPendekatanIlmiahMenggunakanMacromedia SwishmaxPadaPokokBahasanHukum Newton UntukSiswa SMA Kelas X. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd (II) Dra. Chusnana M.Si. Kata Kunci Media PembelajaranFisika PendekatanIlmiah Hukum Newton SwishMax Perkembanganteknologimenyebabkanmunculnyaberbagaimacam media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang banyakmunculadalah media pembelajarananimasi. Media pembelajaran yang sudahbanyaktersediacenderungmenyajikanmaterisecaralangsung. Hal inibertolakbelakangdenganKurikulum 2013 yang menekankanperanaktifsiswa.Senadadenganpernyataantersebut hasilwawancaradengan guru fisika SMA Negeri 9 Malang menyatakanbahwa media yang menyajikanmaterisecaralangsungtidakcocokdigunakansebagai media pembelajarandalamKurikulum 2013.Berdasarkanpermasalahantersebutdilakukanpenelitiandanpengembangan media pembelajaran yang menerapkanpendekatanilmiahdalammenyajikanmateri. Tahapanpendekatanilmiah yang diterapkandalam media pembelajaranmeliputitahapmengamati menanya mencoba menalar danmenyimpulkan. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianpengembangan (Research and Development / R D). Tujuannyauntukmenghasilkanprodukdanmengujikelayakanproduk. Penelitimengambiltujuhlangkahpenelitianpengembangandiantaranya (1) studipendahuluan (2) perencanaan (3) pengembanganbentukawalproduk (4) ujicoba (5) revisiprodukawal6) ujicobalapangan dan(7) penyempurnaanprodukhasilujilapangan. Tujuhlangkahtersebutdikelompokkanmenjaditigalangkahutama yaitu (1) StudiPendahuluan (2) PengembanganProduk dan (3) Evaluasi.Validasidilakukanolehahliterhadap media danmateri. Ujicobadilakukanuntukmemperolehkomentardan saran darisiswa. Terdapatduajenis data penelitian yaitu data kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifdiperolehdari validator ahli. Data kualitatifdiperolehdarikomentardan saran yang diberikanoleh validator ahlidansiswa. Berdasarkanhasilvalidasiahlidiperolehpersentasekelayakanmaterisebesar 93 29% danpersentasekelayakan media sebesar 92 30%.Berdasarkanujicobaterbatas yang dilakukan diperolehrespon yang baikdarisiswa X MIA 3 SMA Negeri 9 Malang. Disimpulkanbahwaproduk yang dikembangkansudahmemenuhikriterialayakdansecarakeseluruhandinyatakanbaik sertadapatdiujicobakanlebihluas agar nantinyadapatdigunakansebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18602

Actions (login required)

View Item View Item