Rifa'i, Mokhamad Alvan (2015) Pengembangan bahan ajar fisika SMA kelas XI pokok bahasan karakteristik gelombang berbantuan PhET melalui pendekatan ilmiah (scientific approach) / Mokhamad Alvan Rifa'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rifa i Mokhamad Alvan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI Pokok Bahasan Karakteristik Gelombang Berbantuan PhET melalui Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach). Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati M.Si (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci PhET pendekatan ilmiah (scientific approach) Pada abad 21 ini persaingan dalam berbagai bidang kehidupan di antaranya bidang pendidikan khususnya pendidikan sains sangat ketat. Upaya yang dilakukan pemerintahsaat ini adalah diterapkannya Kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya yang sudah disesuaikan tuntutan abad 21. Penerapan kurikulum baru berdampak pada perlunya bahan ajar yang baru. Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) sedangkan abad 21 salah satunya adalah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah media simulasi.Salah satu media simulasi yang sesuai digunakan pada pelajaran fisika adalah dengansoftware PhET (Physics Eduaction Technology). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research Development) yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbantuan PhET melalui pendekatan ilmiah yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada materi karakteristik gelombang. Terdapat tujuh langkah dalam penelitian ini yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk dan (7) revisi produk. Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajar dan RPP. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan peserta didik terhadap bahan ajar. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar fisikaberbantuan PhET melalui pendekatan ilmiah (scientific approach). Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli didapatkan bahwa nilai rata-rata produk adalah 3 55. Ini menunjukkan bahwa produk penelitian dan pengembangan ini valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas pada peserta didik menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan peserta didik terhadap produk baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk berupa bahan ajar fisika berbantuan PhET melalui pendekatan ilmiah (scientific approach) valid. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu (1) terdapat CD Interaktif yang berisikan software PhET animasi dan video yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat menarik minat peserta didik untuk belajar (2) lembar kegiatan praktikum disajikan menggunakan bantuan software PhET (3) langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam RPP lebih tampak. Selain memiliki kelebihan bahan ajar ini juga memiliki kekurangan yaitu (1) materi hanya terbatas pada karakteristik gelombang secara umum (2) efektivitas bahan ajar untuk peserta didik belum dapat diketahui karena bahan ajar belum diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan hasil efektivitasnya belum diuji.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |