Pengembangan buku petunjuk untuk guru dalam melaksanakan kegiatan proyek berbasis omline pada materi optik geometri / Muhammad Ryan Mahsun Ali

Ali, Muhammad Ryan Mahsun (2015) Pengembangan buku petunjuk untuk guru dalam melaksanakan kegiatan proyek berbasis omline pada materi optik geometri / Muhammad Ryan Mahsun Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ali, Mohammad Ryan Mahsun. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Untuk Guru Dalam Melaksanakan Kegiatan Proyek Berbasis Online Pada Materi Optik Geometri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si, (II) Drs. Sutarman, M.Pd. Kata Kunci:buku petunjuk, kegiatan proyek, online Proses pembelajaran saat ini, khususnya dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan penggunaan teknologi dalam pembelajarannya. Berdasarkan hal tersebut, pemberian kegiatan proyek dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)dapat merealisasikan tuntutan Kurikulum 2013. Akan tetapi berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada 4 guru SMA, belum ada guru yang memanfaatkan teknologidalam pelaksanaan kegiatan proyek. Hal tersebut terjadi karena guru belum dapat membuat perencanaan kegiatan proyek dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Oleh karena itu, dilakukanlah pengembangan buku petunjukuntuk guru dalam melaksanakan kegiatan proyek berbasis online sebagai alternatif solusi dari permasalahan tersebut serta memenuhi tuntutan Kurikulum 2013. Langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan langkah Borg & Gall (1989) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2011:169-170), antara lain (1) studi pendahuluan, terdiri dari studi kepustakaan, survei lapangan, dan penyusunan draf produk awal; (2) pengembangan, sampai pada tahap uji coba terbatas. Instrumen pengumpulan data terdiri dari 2 (dua) angket yakni angket untuk validator dan angket untuk subjek uji coba. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif yakni penilaian dengan skala likert 4,3,2,1dari validator dan subjek uji coba, serta data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator dan subjek uji coba.Validasi dilakukan oleh ahli terhadap buku petunjuk. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku petunjuk oleh guru. Hasil dari validasi dan uji coba terbatas digunakan untuk dasar revisi produk. Revisi produk dilakukan 2 tahap, yaitu revisi setelah validasi dan revisi setelah uji coba terbatas. Draf produk yang dikembangkan divalidasi oleh validator yakni 2 (dua) dosen ahli bidang bahan ajar. Hasil penilaian validator setelah dirata-rata menunjukkan bahwa buku petunjuk yang dikembangkan valid atau layak digunakan dengan nilai kevalidan 3,78. Revisi produk awal dilakukan berdasar saran dan komentar. Produk yang telah direvisi kemudian diuji coba pada 3 (tiga) guru yang terdiri dari 2 (dua) guru fisika SMAN 9 Malang dan 1 (satu) guru fisika MAN 1 Malang. Hasil analisis uji coba terbatas yakni pada uji keterbacaan buku petunjuk diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,73. Nilai tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk yang dikembangkan sesuai dan petunjuk melaksanakan kegiatan proyek berbasis online dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18600

Actions (login required)

View Item View Item