Pengembangan modul pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi berbantuan video interaktif di SMP Islam Fatahillah kecamatan Singosari Kabupaten malang / Erna Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi berbantuan video interaktif di SMP Islam Fatahillah kecamatan Singosari Kabupaten malang / Erna Winarti

Winarti, Erna (2011) Pengembangan modul pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi berbantuan video interaktif di SMP Islam Fatahillah kecamatan Singosari Kabupaten malang / Erna Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi Video Interaktif. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VIII SMPI Fatahillah Singosari diperoleh beberapa temuan yaitu materi program pengolah angka Microsoft Excel 2003 merupakan materi yang kompleks dan tidak mudah untuk dimengerti/dipahami siswa ditambah permasalahan sarana pembelajaran mata pelajaran TIK di SMPI Fatahillah kurang memadai dengan jumlah siswa yang ada. Penyampaian materi cenderung diajarkan dengan metode klasikal serta hanya menggunakan buku paket dan lembar kerja siswa (LKS) untuk bahan ajar. Hal ini lebih kepada aktivitas mengajar bukan proses belajar sehingga kurang bermakna bagi siswa karena siswa kurang mendapatkan keterampilan sekaligus pemahaman konsep secara proporsional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pengembang mencoba mengembangkan modul pembelajaran TIK berbantuan video interaktif sebagai usaha agar siswa mendapatkan keterampilan sekaligus pemahaman konsep secara proposional dan menjadikan pembelajaran TIK yang cenderung kepada aktivitas mengajar menjadi proses belajar di SMPI Fatahillah Singosari. Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa Modul Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbantuan Video Interaktif yang telah tervalidasi untuk Kelas VIII Semester 2 di SMPI Fatahillah Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Modul pembelajaran TIK berbantuan video interaktif dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan pembelajaran Courseware Development Process (CDP) yang terdiri dari 6 langkah yaitu (1) analisis (2) perancangan (3) pengembangan (4) evaluasi formatif (5) implementasi (6) evaluasi sumatif. Karena keterbatasan waktu pengembangan maka pengembang hanya melakukan pengembangan sampai langkah implementasi. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah dua orang ahli media (pengkaji modul dan pengkaji video interaktif) satu orang ahli desain satu orang ahli materi yaitu guru mata pelajaran TIK dan siswa kelas VIII A SMPI Fatahillah Singosari yang terbagi menjadi kelompok perorangan sebanyak 2 siswa dan kelompok kecil sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket uji coba produk dan evaluasi formatif (pre test dan pos test) untuk siswa. Angket uji coba digunakan untuk mengetahui kevalidan produk pada kegiatan uji coba ahli media ahli desain ahli materi dan siswa angket yang digunakan berbentuk ceklist ( 8730 ). Evaluasi formatif (pre test dan pos test) digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran soal tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 10 butir. Jawaban benar diberi nilai 10 dan salah 0. Hasil validasi oleh ahli media modul diperoleh hasil sebesar 72 7% ahli media video interaktif diperoleh hasil sebesar 97 6% ahli desain diperoleh hasil sebesar 100% ahli materi diperoleh hasil sebesar 81 7% siswa dalam uji coba perorangan diperoleh hasil sebesar 61 6% siswa dalam uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 75 4% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul pembelajaran TIK berbantuan video interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid untuk digunakan sebagai bahan ajar TIK kelas VIII semester 2 di SMPI Fatahillah Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Kemudian dari tes hasil belajar baik pre test maupun post test menunjukkan persentase peningkatan hasil belajar pada uji coba perseorangan sebesar 25% dan uji coba kelompok kecil sebesar 28 1% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa modul pembelajaran TIK berbantuan video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membantu guru menyampaikan materi dalam proses pembelajaran TIK. Berdasarkan saran dari hasil validasi dilakukan revisi untuk menyempurnakan modul di antaranya memperbesar ukuran huruf judul pada cover modul memberi nomor dan judul pada tabel-tabel dalam modul mengganti warna pada peta konsep dengan kombinasi warna yang tepat dan mengganti background tema agar sesuai dengan tema bahasan dalam video interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item