Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A SMA PGRI Batu / Retno Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A SMA PGRI Batu / Retno Cahyaningrum

Cahyaningrum, Retno (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X-A SMA PGRI Batu / Retno Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum Retno. 2015. Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Group Investigation untukMeningkatkanPrestasiBelajarFisikaSiswaKelas X-A SMA PGRI Batu. Skripsi JurusanFisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci Model PembelajaranKooperatifTipeGroup Investigation PrestasiBelajar Prestasibelajarsiswamerupakanhal yang dapatdigunakansebagaitolokukurkeberhasilanpembelajaran. Hasilobservasi yang dilakukanpadakelas X-A SMA PGRI diketahuiprestasibelajarfisikasiswanyamasihrendah. Nilairerataulanganhariandari 2 materi yang belumdilakukanujianperbaikandiketahuisebanyak 50% lebihsiswa yang masihmemilikinilaidibawahKriteriaKetuntasan Minimum (KKM) yang diberlakukansekolah. Berdasarkanwawancara yang dilakukankepada guru siswadanobservasikegiatanpembelajaran di dalamkelas terlihatbahwametodeceramahmasihmendominasikegiatanpembelajaran. Adapunmetode lain yang digunakanjugabelumterlaksanadengan optimal. Media yang digunakanbelumcukupmemadaijikadibandingkandenganjumlahsiswa yang ada di dalamkelas X-A tersebut begitu pula sumberbelajarnya. Upaya untuk memperbaiki permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa. Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukandengan 2 sikluspembelajaran. Penelitianinidilakukan di SMA PGRI Batudengansubjekpenelitiansiswadansiswikelas X-A. Data penelitianiniadalahketerlaksanaan model pembelajarankooperatiftipegroup investigationdanprestasibelajar. Instrumenpembelajaran yang dipergunakanberupalembarketerlaksanaan model pembelajarankooperatiftipegroup investigationdanlembartes.Lembartesberisitentangtesakhir yang dilakukansetelahberakhirnyapelaksanaansiklus I dan II.Nilaiaspekkognitifdaritesinidigunakansebagaiprestasibelajarsiswa.Data yang telahdidapatkandianalisisdenganmereduksidanmempersentasenya.Tahapterakhiradalahrefleksiuntukmenentukanapakahpenelitiandapatdihentikanataumasihharusdilanjutkan. Hasilanalisis data padasiklus I dansiklus II menunjukkanbahwapembelajarandengan model pembelajarankooperatiftipegroup investigationterlaksanadenganbaikdanterjadipeningkatanprestasibelajarfisikasiswakelas X-A SMA PGRI Batu. Keterlaksanaan model pembelajarankooperatiftipegroup investigationoleh guru padasiklus I mencapai 92 02% danpadasiklus II mencapai 96 98% denganpeningkatansebesar 4 96%. Keterlaksanaan model pembelajarankooperatiftipegroup I nvestigationolehsiswapadasiklus I mencapai 88 20% danpadasiklus II mencapai 95 23% denganpeningkatansebesar 7 03%. Data prestasibelajarfisikasiswasebelumdiberitindakansebesar 31 25% siswatuntasmemenuhi KKM sedangkansetelahdiberikantindakanpadasiklus I menjadi 68 75% denganpeningkatansebesar 37 50%. Padasiklus II diperolehpersentaseketuntasansebesar 87 50% denganpeningkatansebesar 18 75% dari data siklus I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18598

Actions (login required)

View Item View Item