Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM / Alimah Nuryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM / Alimah Nuryanti

Nuryanti, Alimah (2015) Pengaruh project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM / Alimah Nuryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuryanti Alimah. 2015. Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Optik Geometris SMA Laboratorium UM. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata kunci project based learning kemampuan berpikir kritis optik geometris Kurikulum 2013 dengan scientific approach mendorong peserta didik untuk berpikir kritis serta mampu mengaplikasikan materi pembelajaran. Project Based Learning dirancang untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran kontekstual dengan penggunaan proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental Designs. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X peminatan MIA SMA Laboratorium UM semester genap tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dan diperoleh satu kelas yang belajar dengan menggunakan Problem Based Learning dan satu kelas yang belajar dengan menggunakan Project Based Learning. Instrumen penelitian terdiri atas silabus mata pelajaran fisika kelas X semester genap RPP Project Based Learning dan Problem Based Learning materi optik geometris rubrik observasi keterlaksanaan pembelajaran dan butir soal kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri atas 10 soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika antara kelas yang diterapkan Project Based Learning dan Problem Based Learning ditunjukkan oleh hasil uji t yaitu thitung sebesar 2 03 2 00 (ttabel .05). Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan Project Based Learning lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan Problem Based Learning pada materi optik geometris SMA Laboratorium UM ditunjukkan oleh hasil uji Schefee dengan nilai Fhitung sebesar 4 14 3 99 (Ftabel .05). Kelebihan Project Based Learning adalah peserta didik lebih aktif selama kegiatan pembelajaran dan terlibat langsung dalam menghasilkan produk karya berupa teleskop sederhana sehingga efektif dalam melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item