Profil pembelajaran fisika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di kelas XI MIA: studi kasus suatu SMA di Kota Malang / Ummatul Kamalia Ikhsana - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pembelajaran fisika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di kelas XI MIA: studi kasus suatu SMA di Kota Malang / Ummatul Kamalia Ikhsana

Ikhsana, Ummatul Kamalia (2015) Profil pembelajaran fisika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di kelas XI MIA: studi kasus suatu SMA di Kota Malang / Ummatul Kamalia Ikhsana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamalia I Ummatul. 2015. Profil Pembelajaran Fisika dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kelas XI MIA Studi Kasus Suatu SMA di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Kurikulum 2013 Perencanaan Pelaksanaan Penilaian Profil Demi mutu pendidikan yang lebih baik pemerintah memperkenalkan kurikulum baru sebagai penyempurnaan kurikulum 2006 yaitu kurikulum 2013. Namun implementasi kurikulum 2013 saat ini tidak dilaksanakan oleh keseluruhan sekolah di Indonesia. Oleh karena itu untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran fisika yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan penilaian maka peneliti melakukan penelitian pada salah satu SMA Negeri di kota Malang yang merupakan sekolah percontohan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Pada penelitian ini sumber data yang digunakan adalah guru mata pelajaran fisika dan siswa kelas XI MIA-2 XI MIA-3 dan XI MIA-5. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan adalah 1) perencanaan pembelajaran fisika meliputi perangkat persaiapan pembelajaran (RPP dan silabus) 2) pelaksanaan pembelajaran fisika meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup 3) penilaian pembelajaran fisika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif oleh Miles and Huberman meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat dideskripsikan profil pembelajaran fisika oleh guru A dan guru B yaitu 1) Perencanaan Pembelajaran Fisika secara struktural dilihat dari format penyusunan RPP oleh guru A dan guru B sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Berdasarkan hasil persentase kesesuaian RPP dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 diperoleh RPP yang disusun guru A adalah 70% dengan kriteria cukup sesuai sedangkan guru B memperoleh 100% dengan kriteria sangat sesuai. RPP yang disusun oleh guru B sudah lengkap sedangkan RPP yang disusun oleh A belum menjabarkan materi pembelajaran kegiatan pembelajaran serta penilaian 2) Pelaksanaan Pembelajaran Fisika secara keseluruhan oleh guru A dan guru B yang meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup sudah sesuai dengan hasil total persentase pelaksanaan pembelajaran oleh guru A adalah 76 50% dengan kategori cukup sesuai sedangkan total persentase pelaksanaan pembelajaran oleh guru B adalah 88 12% dengan kategori sesuai. Pelaksanaan pembelajaran tidak jauh berbeda dengan perencanaan pembelajaran dalam RPP. Namun guru B sulit menyesuaikan alokasi waktu pada RPP sehingga mengambil waktu istirahat 3) Penilaian pembelajaran fisika oleh guru A dan guru B dilakukan dengan mengacu pada penilaian berdasarkan kurikulum 2013 meliputi sikap pengetahuan dan keterampilan. Namun berdasarkan observasi dan wawancara guru kesulitan dalam melaksanakan penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan secara bersama-sama. Sehingga guru menggunakan penilaian rata-rata yaitu pelaksanaan penilaian dilakukan pada siswa yang menunjukkan indikator yang paling menonjol siswa dengan indikator paling baik dan siswa yang menunjukkan indikator paling buruk sedangkan yang lainnya diberi nilai rata-rata. Selanjutnya guru mengadakan tindak lanjut melalui kegiatan pengayaan dan remedial melalui hasil ulangan harian dan penilaian proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18595

Actions (login required)

View Item View Item