Rahmawati, Irma (2015) Pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X pada materi kalor / Irma Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati Irma. 2015. Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X pada Materi Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Sulur S.Pd M.Si M.TD. Kata Kunci inkuiri pemahaman konsep kalor Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran inkuiri dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa serta mengetahui miskonsepsi siswa tentang kalor. Cakupan materi meliputi pengaruh kalor terhadap kenaikan suhu pengaruh kalor terhadap perubahan wujud Azas Black dan konsep kalor. Metode Penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif yaitu mixed method jenis embedded design. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa pada materi kalor. Analisis statistik dilakukan pada data kuantitatif untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa. Data kualitatif diperoleh dari catatan observer angket wawancara dokumentasi foto dan video. Analisis data kualitatif dilakukan untuk mengetahui kegiatan siswa saat mengikuti pembelajaran inkuiri dan miskonsepsi yang dimiliki siswa pada materi kalor. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 Malang yang terdiri atas 11laki-laki dan 16 perempuan. Pembelajaran inkuiri dilakukan melalui 5 tahapan yaitu observation manipulation generalization verification dan application. Berdasarkan hasil analisis pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang kalor dengan d-effect size1 32 yang termasuk dalam kategori tinggi dan rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) 0 37 yang tergolong kategori medium bawah. Miskonsepsi siswa yang muncul dan dapat diperbaiki atau dikurangi melalui pembelajaran inkuiri antara lain (1) kalor merupakan partikel yang dapat disimpan dalam suatu benda atau berpindah dari satu benda ke benda lain (2) kalor sama dengan suhu (3) kalor dapat menaikkan suhu atau mengubah wujud zat saja. Meskipun miskonsepsi ini berkurang namun masih terdapat beberapa siswa yang masih memiliki konsepsi seperti tersebut di atas setelah pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |