Pengembangan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor SMA kelas X / Ana Ma'rifatun Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor SMA kelas X / Ana Ma'rifatun Nurdiana

Nurdiana, Ana Ma'rifatun (2015) Pengembangan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis android pada pokok bahasan suhu dan kalor SMA kelas X / Ana Ma'rifatun Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiana Ana Ma rifatun. 2015. Pengembangan Media PembelajaranBerbentukModulElektronikBerbasis Android PadaPokokBahasanSuhudanKalor SMA Kelas X. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarman M.Pd. (2) Drs. Widjianto M.Kom Kata Kunci Pengembangan Media ModulElektronik Android SuhudanKalor Rendahnyamotivasibelajarfisikadapatdiatasisalahsatunyadengan multimedia.Multimedia denganteknologiterbaruperludikembangkan.Maraknyamobile phoneperludimanfaatkansebagaipenunjang proses pendidikan.Berdasarkanhasilangketkebutuhanyang telahdiberikankepada 80 pesertadidikkelas X SMAN 9 Malang diketahuibahwa71 25% pesertadidikmempunyaimobile phonedengansistemoperasiandroid.Mobile phonedengansistemoperasitersebuthanyadigunakanuntukbrowsinginformasisaja selebihnyadigunakanuntukkomunikasiatauhiburansemata.Untukitulahpengembanganmodulelektronikdalambentukmobile learningsangatdibutuhkan. Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitiandanpengembangan(research and development) yang digunakanberdasarkan model penelitiandari Borg Gall (1989).Berdasarkankebutuhanpengembangan penelitihanyamenggunakanlangkahpertamasampaikeenam yaitu(1) potensidanmasalah (2) pengumpulan data (3) desainproduk (4) validasiproduk (5) revisiprodukdan (6) ujicobaterbatas. ValidasiprodukdilakukandenganmenggunakanangketValidasi.Berdasarkanhasilangketvalidasididapatkannilai rata ratasebesar 3 75 sehinggaproduk yang dikembangkandinyatakan valid. Ujicobaterbatasdilakukandenganmenggunakanangketujicobaterbatas.Subyekpenelitianyaitu23 pesertadidikkelas X-MIA 5.Berdasarkanhasilangketresponpesertadidikdidapatkannilai rata rata sebesar 3 25 sehinggaproduk yang di ujicobakandinyatakanmenarik. Berdasarkan data tersebut media pembelajaranmodulelektronikberbasisandroidlayakuntukdigunakansebagaisaranabelajarmandiridiluarkelas. Kelebihandarimodulelektronik yang dikembangkanantaralain modulinidisusunberdasarkankurikulum 2013 dandisesuaikandengankebutuhan guru danpesertadidik. Selainitumodulelektronik yang dikembangkandisajikandalambentuksoftware android yang dapatdi installdenganmudah. Modulelektronikinijugadilengkapidengangambar simulasidanlatihansoal yang membuatpesertadidiklebihinteraktifketikamenggunakannya. Kekuranganmodulelektronikantaralain modulinihanyaterbataspadaperangkat mobile phone dengansistem android saja ruanglingkupmateri yang terbatasdanhanyabisadigunakan di perangkat android denganversi minimal sistemoperasiAndroiddenganversi minimal 2.3 (GingerBread) danMemori RAM minimal 256 MB. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18592

Actions (login required)

View Item View Item