Mustofa, Zainul (2015) Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dengan strategi mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika pokok bahasan teori kinetik gas siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kertosono / Zainul Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mustofa Zainul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search Solve Create and Share) denganStrategiMind MappingterhadapPenguasaanKonsepFisikaPokokBahasanTeoriKinetik GasSiswaKelas XI MIA SMAN 1 Kertosono. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Parno M.Si (II) Drs.KadimMasjkur. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran SSCS StrategiMind Mapping PenguasaanKonsepFisika SSCS adalahmodel pembelajarandenganpendekatanproblem solving yang didesainuntukmengembangkankemampuanberpikirkritisdanmeningkatkanpemahamanterhadapkonsepilmu. Guru sebagaifasilitatormengajaksiswauntukterlibataktifdalamsetiaptahappembelajaran SSCS. Tahapanpembelajaran SSCS diawalidenganfasesearch (menyelidikimasalah) fasesolve (merencanakanpenyelesaianmasalah) fasecreate (melaksanakanpenyelesaianmasalah) dandiakhiridenganfaseshare (mengkomunikasikanhasil). Padatahapketigayaitufasecreate siswadituntutuntukmembuatmind mappingsebagaistrategiuntukmelatihpengkonstruksiankonsepfisika. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepfisikaantarasiswa yang belajarmenggunakan model pembelajaran SSCS (Search Solve Create and Share) denganstrategimind mappingdansiswa yang belajarsecarakonvensional. Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimentipenonequivalent control group design. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI MIA SMAN 1 Kertosono. Sampeldalampenelitianiniyaitukelas XI-MIA3 sebagaikelaseksperimendankelas XI-MIA2 sebagaikelaskontrol yang dipilihmenggunakanteknik random sampling. Penguasaankonsepsiswadiukurmenggunakaninstrumen yang berupatespilihanganda. Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasChi-Squaredanujihomogenitas Bartlett.Selanjutnya dilanjutkanujihipotesismenggunakant-testdengantarafsignifikansi 5%. Hasiluji t penguasaankonsepdidapat ttabel 1.983
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |