Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dengan strategi mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika pokok bahasan teori kinetik gas siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kertosono / Zainul Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dengan strategi mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika pokok bahasan teori kinetik gas siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kertosono / Zainul Mustofa

Mustofa, Zainul (2015) Pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dengan strategi mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika pokok bahasan teori kinetik gas siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kertosono / Zainul Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustofa Zainul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search Solve Create and Share) denganStrategiMind MappingterhadapPenguasaanKonsepFisikaPokokBahasanTeoriKinetik GasSiswaKelas XI MIA SMAN 1 Kertosono. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Parno M.Si (II) Drs.KadimMasjkur. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran SSCS StrategiMind Mapping PenguasaanKonsepFisika SSCS adalahmodel pembelajarandenganpendekatanproblem solving yang didesainuntukmengembangkankemampuanberpikirkritisdanmeningkatkanpemahamanterhadapkonsepilmu. Guru sebagaifasilitatormengajaksiswauntukterlibataktifdalamsetiaptahappembelajaran SSCS. Tahapanpembelajaran SSCS diawalidenganfasesearch (menyelidikimasalah) fasesolve (merencanakanpenyelesaianmasalah) fasecreate (melaksanakanpenyelesaianmasalah) dandiakhiridenganfaseshare (mengkomunikasikanhasil). Padatahapketigayaitufasecreate siswadituntutuntukmembuatmind mappingsebagaistrategiuntukmelatihpengkonstruksiankonsepfisika. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepfisikaantarasiswa yang belajarmenggunakan model pembelajaran SSCS (Search Solve Create and Share) denganstrategimind mappingdansiswa yang belajarsecarakonvensional. Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimentipenonequivalent control group design. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI MIA SMAN 1 Kertosono. Sampeldalampenelitianiniyaitukelas XI-MIA3 sebagaikelaseksperimendankelas XI-MIA2 sebagaikelaskontrol yang dipilihmenggunakanteknik random sampling. Penguasaankonsepsiswadiukurmenggunakaninstrumen yang berupatespilihanganda. Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasChi-Squaredanujihomogenitas Bartlett.Selanjutnya dilanjutkanujihipotesismenggunakant-testdengantarafsignifikansi 5%. Hasiluji t penguasaankonsepdidapat ttabel 1.983

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18590

Actions (login required)

View Item View Item