Pengembangan modul CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis tutorial sebagai penunjang belajar mandiri siswa SMA kelas X pokok bahasan kalor / Fitri Kusmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis tutorial sebagai penunjang belajar mandiri siswa SMA kelas X pokok bahasan kalor / Fitri Kusmawati

Kusmawati, Fitri (2015) Pengembangan modul CAI (Computer Assisted Instruction) berbasis tutorial sebagai penunjang belajar mandiri siswa SMA kelas X pokok bahasan kalor / Fitri Kusmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusmawati Fitri. 2015. Pengembangan Modul CAI (Computer Assisted Instruction) Tutorial Sebagai Penunjang Belajar Mandiri Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Kalor. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd (II) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci media CAI tutorial media belajar mandiri. Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu pengetahuan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Ketercapaian proses dan hasil belajar siswa tidak hanya diukur dari bagaimana siswa menerima pembelajaran disekolah melainkan seberapa sering siswa berinteraksi dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit untuk mencapai hasil belajar secara optimal. Seiring dengan perkembangan teknologi sumber belajar yang cocok digunakan sebagai penunjang belajar mandiri adalah modul CAI berbasis tutorial. modul CAI berbasis tutorial adalah modul yang memanfaatkan komputer sebagai penyampai pesan dalam bentuk teks gambar grafik dan animasi. Dalam metode ini komputer berperan sebagai tutor. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul dari segi media dan materi. Metode penelitian Pengembangan mengacu pada R D Borg dan Gall yang telah diadaptasi menjadi enam tahap yakni studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk validasi revisi hasil uji coba keterbacaan. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media dan materi yang di isi oleh 2 Dosen Fisika UM dan 1 Guru Fisika dari MAN 1 Malang. Uji coba keterbacaan dilakukan pada 19 siswa MAN 1 Malang yang telah menempuh materi kalor. Data hasil penilaian produk berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket validasi media dan materi berdasarkan skala Llikert. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran. Hasil akhir produk pengembangan pada penelitian ini adalah modul CAI berbasis tutorial sebagai penunjang belajar mandiri fisika SMA kelas X pokok bahasan kalor. Hasil validasi media menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 61 dengan kriteria layak dan nilai rata-rata kelayakan materi adalah 3 51. Sedangkan data uji coba keterbacaan oleh siswa diperoleh bahwa siswa tertarik dan lebih memahami materi dengan adanya media belajar mandiri. Pemberian animasi membuat mereka lebih mudah memahami materi ditambah dengan adanya aplikasi konsep dalam IPTEK dan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18589

Actions (login required)

View Item View Item