Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 9 Malang / Vicki Dian Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 9 Malang / Vicki Dian Prastiwi

Prastiwi, Vicki Dian (2015) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 9 Malang / Vicki Dian Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastiwi Vicki. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Disertai Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarjono M.Pd. (2) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci Inkuiri terstruktur peta konsep prestasi belajar Dalam tahapan model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep menunjukkan rerata nilai prestasi belajar yang baik yaitu 78.13 pada kelas eksperimen dan 70.42 pada kelas kontrol. Dalam setiap tahapan siswa diajak untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Pada akhir pertemuan guru memberikan tugas dengan kuis sehingga prestasi belajar siswa terhadap materi Fluida Dinamik yang diajarkan akan semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prestasi belajar Fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep lebih tinggi daripada prestasi belajar Fisika kelompok siswa yang belajar dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre test-post test group control. Model pembelajaran sebagai variabel bebas dan prestasi belajar Fisika sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 9 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Prestasi belajar diukur dengan menggunakan tes objektif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji prasyarat analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah prestasi belajar Fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode ceramah. Ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur disertai peta konsep yang signifikan terhadap prestasi belajar Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18588

Actions (login required)

View Item View Item