Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis student created case studies terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Malang / Rikardus Feribertus Nikat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis student created case studies terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Malang / Rikardus Feribertus Nikat

Nikat, Rikardus Feribertus (2015) Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis student created case studies terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Malang / Rikardus Feribertus Nikat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikat RikardusFeribertus. 2015. Pengaruh Model PembelajaranPredict Observe Explain (POE) BerbasisStudent Created Case StudiesterhadapPrestasiBelajarFisikaSiswaKelas X MIA SMA Negeri 10 Malang. Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. BambangTahanSungkowo M.Pd (II) Drs. PurboSuwasono M.Si Kata Kunci Model pembelajaranpredict observe explain Metodestudent created case studies PrestasibelajarFisika Penelitianinibertujuanuntuk (1) MengetahuiapakahprestasibelajarFisikasiswakelas X MIA SMA Negeri 10 Malang yang belajarmenggunakan model POE berbasisstudent created case studieslebihbaikdibandingkansiswa yang belajardenganpendekatan scientific aproach dan(2)Mengetahuiadanyainteraksiantara model POE berbasisstudent created case studiesdenganprestasibelajarFisikasiswa. Model POE memilikitigatahappelaksanaanyaitutahap predict observe dan explain denganberbantuanmetodestudikasus yang dilaksanakanpadakegiatanpredict danobserve Penelitiandilakukanpadasiswa X MIA SMA Negeri 10 Malang padamaterisuhudankalor. Jenispenelitian yang dilakukanmenggunakanpendekatankuantitatif quasi eksperimendengandesainpenelitian post-test only control group design. Alatukur yang digunakanadalahtesprestasibelajarFisikadanketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanangketobservasi.Alatukurtes yang digunakantelahmengalamipenyempurnaanmelaluiujicoba. Hasilujicobamenunjukanbahwareliabilitasalatukurtesprestasibelajarr_tt 0 61 dengan kategoritinggi Data yang diperolehadalahpost-test prestasibelajarFisikapadamaterisuhudankalor. Data post-testprestasibelajarFisikadianalisismelaluiujiprasyaratdenganmenggunakanujinormalitasdanujihomogenitasvarian. Pengujiannormalitasmenggunakanujililieforsdanpengujianhomogenitasvarianmenggunakanuji Fisher. Ujihipotesismenggunakanuji t jenis separated varians karenajumlahkeduasampelsama. Berdasarkanhasilujihipotesismelaluiuji tuntuk post-test prestasibelajarFisikadiperolehhasil 12310 t 12311 _hitung 1 559 1 99(t_(66 .05)). Rerataskorprestasibelajarsiswa yang menggunakan model POE berbasisstudent created case studiestidakterdapatperbedaan yang signifikandengansiswa yang menggunakanpendekatanscientific yaituX 773 _1 14 41 13 12 (X 773 _2).HasilpenelitianmenunjukanprestasibelajarFisikasiswakelas X MIA SMA Negeri 10 Malang yang belajarmengunakan model pembelajaran POE berbasisstudent created case studiessamadengansiswa yang belajarmenggunakanpendekatan scientific.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18587

Actions (login required)

View Item View Item