Ika, Mida Ifrotul (2015) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap penguasaan konsep fisika siswa materi teori kinetik gas kelas XI MIA SMAN 6 Malang / Mida Ifrotul Ika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ika Mida Ifrotul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI MIA SMAN 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarman M.Pd. (2) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning Penguasaan Konsep Penguasaan pengetahuan yang mendalam perlu ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran agar siswa tidak hanya sekedar menghafal materi tetapi mampu memiliki penguasaan konsep yang baik. Penguasaan konsep dapat dilatihkan pada siswa dalam memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan serangkaian konsep yang dirumuskan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu cara untuk melatih siswa adalah dengan pemberian model pembelajaran sesuai kurikulum 2013 yang berbasis pemecahan masalah yaitu model Problem Based Learning. Model Problem Based Learning menitikberatkan pada kemampuan siswa dalam memandang suatu permasalahan atau fakta sains menurut pengetahuan yang dimilikinya. Model ini mendekatkan siswa pada masalah dunia nyata sebagai suatu konteks untuk belajar untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Siswa yang belajar memecahkan suatu masalah akan menerapkan pengetahuan yang dimilikinya atau berusaha mengetahui pengetahuan yang diperlukannya. Pada pembelajaran Problem Based Learning siswa mengintegrasikan pengetahuan secara relevan sehingga masalah-masalah dalam aplikasi suatu konsep atau materi akan mereka temukan sekaligus selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning lebih tingi daripada siswa yang belajar secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan pretest dan posttest. Model pembelajaran sebagai variabel bebas dan kemampuan penguasaan konsep sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah empat kelas XI MIA SMAN 6 Malang. Sampel penelitian ini adalah dua kelas XI MIA yaitu siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Penguasaan konsep siswa diukur dengan tes objektif beralasan. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan realibilitas. Sebagai uji prasyarat dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian adalah penguasan konsep siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |