Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida dinamis kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Firmanilah Kamil - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida dinamis kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Firmanilah Kamil

Kamil, Firmanilah (2015) Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida dinamis kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Firmanilah Kamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamil Firmanilah. 2015. Penerapan Model InkuiriTerbimbinguntukMeningkatkanKeterampilan Proses SainsSiswapadaMateriFluidaDinamisKelas XI MIA 2 SMANegeri 1 Tumpang. Skripsi Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pemimbing (I) Dr. Parno M.SI (II) Drs. PuroSwasono M.SI. Kata kunci keterampilan proses sains inkuiriterbimbing fluidadinamis penelitiantindakankelas Keterampilan proses sainssiswakelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpangmasihrendah. Hal inidibuktikandenganhasilobservasi yang dilakukanpadakelasyang berjumlah 36 siswadengan 13 siswaputradan 23 siswaputriini. Saatpraktikumgerakharmonissederhana keterampilan proses sains di kelas XI MIA 2 sebesar15 74% denganrinciansebagaiberikut mengobservasi 0% menentukanvariabel 0 % menyusunhipotesis 0 % melakukaneksperimen 36 1% (13 anak) mengukur 36 1 %(13 anak) menabelkan data 33 3%(12 anak) memproses data 27 78%(10 anak) menyimpulkan 5 56%(2anak) danmengkomunikasi 2 78%(1anak). Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas yang bertujuanuntukmendeskrispsikanpembelajarandengan model inkuiriterbimbinggunameningkatkanketerampilan proses sainssiswakelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang.Penelitianiniterdiridari 2 siklus setiapsiklusterdiridariidentifikasimasalah perencanaantindakan pelaksanaantindakan observasidanrefleksi. Data keterlaksanaanpembelajarandan data keterampilan proses sainssiswadiperolehdarilembarobservasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanketerampilan proses sainssiswadengan model pembelajaraninkuriterbimbingpadasetiapsikluspenelitian. Keterampilan proses sainsmengobservasipadasiklus I sebesar 64.26% meningkatmenjadi 82.83% padasiklus II dengankategoribaik. Keterampilanmenentukanvariabel 43.45% meningkatmenjadi 77.21% dengankategoribaik.Keterampilanmenyusunhipotesis 36.72% menjadi 72.98% dengankategoricukup.Keterampilanmelakukaneksperimen 69.47% menjadi 82.75% dengankategoribaik.Keterampilanmengukurdanataumenyusuntabel data 45.46% menjadi 85.61% dengankategoribaik.Keterampilanmemproses data 45.13% menjadi 85.14% dengankategoribaik.Keterampilanmenyimpulkan 9% menjadi 83.8% dengankategoribaik.Keterampilanmengkomunikasi 16.49% menjadi 85.1% dengankategoribaik.Berdasarkanpaparan data danpembahasan dapatdisimpulkanbahwapenerapan model inkuiriterbimbingdapatmeningkatkanketerampilan proses sainssiswakelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpangmaterifluidadinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18584

Actions (login required)

View Item View Item