Widarto, Cahyo (2015) Pengaruh model problem based learning disertai kenowledge map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 9 Malang / Cahyo Widarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widarto Cahyo. 2015. Pengaruh ModelProblem Based Learning Disertai KnowledgeMap Terhadap KemampuanBerpikir Kritis Siswa SMA Negeri 9 Malang.Skripsi. JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (2)Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci problem based learning knowledge map berpikir kritis Model problem based learning disertai knowledge mapdidesain untuk keterlibatan siswadalam memiliki kemampuan aktivitas kognitif yang lebihreflektif.Siswadiajak untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan pemberianberbagai permasalahan dan guru sebagai fasilitator. Pada akhir pertemuan guru memberikan tugas yakni berbagai masalah yang dipadukan dengan knowledge map sehingga kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis menjadi semakin tinggi. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui bahwakemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model problem based learning disertai knowledge maplebih tinggi daripada model pembelajaran langsung Penelitian inimenggunakanQuasi ExperimentalDesigndenganpre-test dan pos- test. Model problem based learning disertai knowledge mapsebagai variabel bebas dankemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswakelas X MIA SMAN9 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 4sebagai kelas eksperimendan kelas X MIA 5 sebagaikelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis siswadiukur dengan menggunakan tes objektif dengan menuliskan proses perolehan hasil.Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas daya pembeda dan tingkat kesukaran. Untuk menghitung kesamaanpre-testdigunakan uji bedamenggunakan uji Mann-Whitney (U tes)duapihak dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney (U tes)satupihak. Hasil penelitian adalah kemampuan berpikir kritis Siswa yang belajar dengan model problem based learning disertai knowledge map lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Hal ini berarti menunjukkan adanya pengaruh model problem based learning disertai knowledge map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |