Khasanah, Siti Nur (2015) Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar fisika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai simulasi komputer fisika kelas XI-IPA SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Siti Nur Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khasanah SitiNur. 2015. PeningkatanAktivitasdanPrestasiBelajarFisikamelalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) DisertaiSimulasiKomputerFisikaKelas XI-IPA SMA DiponegroTumpangKabupaten Malang TahunPelajaran 2014/2015.Skripsi JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Drs. Sutarman M.Pd. Kata Kunci model pembelajaranProblem Based Learning simulasikomputer aktivitasbelajarsiswa prestasibelajarsiswa. Berdasarkanhasilwawancaradengan guru dansiswasertahasilobservasi di kelas XI-IPA SMA DiponegoroTumpangkabupaten Malang diperolehinformasibahwaaktivitasdanprestasibelajarsiswamasihrendahdanpembelajaranfisikamasihberpusatpada guru sehinggasiswamenjadikurangaktifdalamkegiatanpembelajaran. penelitianinibertujuan (1) untukmengetahuipelaksanaan model pembelajaranProblem Based Learning disertaisimulasikomputerfisika di kelas XI-IPA SMA DiponegoroTumpangkabupaten Malang (2) untukmengetahuipeningkatanaktivitasbelajarsiswamelaluipenerapan model pembelajaranProblem Based Learning disertaisimulasikomputerfisika di kelas XI-IPA SMA DiponegoroTumpangkabupaten Malang dan (3) untukmengetahuipeningkatanprestasibelajarsiswamelaluipenerapan model pembelajaranProblem Based Learning disertaisimulasikomputerfisika di kelas XI-IPA SMA DiponegoroTumpangkabupaten Malang. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang terdiriatasduasiklusdan di dalamsetiapsiklusterdapatempattahapanpenelitian yaituperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas XI-IPA SMA DiponegoroTumpangdenganjumlahsiswasebanyak 34 siswa yang terdiriatas 6 siswalaki-lakidan 28 siswaperempuan. Data penelitianiniadalah data pelaksanaanpembelajaranyang dilakukanoleh guru data aktivitasbelajarsiswa dan data prestasibelajarsiswa.Teknikpengumpulan data dilakukandenganteknikwawancara observasi tes dandokumentasi.Instrumenpenelitian yang digunakanadalahlembarobservasidanlembartessoalkognitif.Data hasilpenelitiandianalisisdenganmenggunakantigalangkahyaitureduksi data display data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiantentangpelaksanaanpembelajarandenganmenggunakan model pembelajaranProblem Based Learning dengansimulasikomputerfisikamengalamipeningkatanpelaksanaanpembelajarandarisiklus I yaitu 81 6% menjadi 94 7% padasiklus II denganpeningkatansebesar 13 1%. HasilpenelitianmenujukkanbahwaProblem Based Learningdengansimulasikomputerfisikadapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswasebesar 13% darisiklus I 62 4% kesiklus II menjadi 75 4%. Selainitu prestasibelajarsiswameningkatdengannilai rata-rata siklus I 68 2dansiklus II 79 6. Persentasejumlahsiswa yang tuntasmemenuhi KKM mencapai 51 5% padasiklus I dan 81 8% padasiklus II sehinggamengalamipeningkatan 30 3%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |