Pengembangan media pembelajaran mandiri model CAI (Computer Asssisted Instruction) untuk siswa kelas X MIA pokok bahasab Fluida Statis / Nisfi Nahari Sani Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran mandiri model CAI (Computer Asssisted Instruction) untuk siswa kelas X MIA pokok bahasab Fluida Statis / Nisfi Nahari Sani Hidayati

Hidayati, Nisfi Nahari Sani (2015) Pengembangan media pembelajaran mandiri model CAI (Computer Asssisted Instruction) untuk siswa kelas X MIA pokok bahasab Fluida Statis / Nisfi Nahari Sani Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Nisfi Nahari Sani. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Model CAI (Computer Assisted Instruction) Untuk Siswa Kelas X MIA Pokok Bahasan Fluida Statis. Skripsi Jurusan Fisika FakultasMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Winarto M.Pd. (II) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran mandiri model CAI Fluida Statis Pembelajaran Kurikulum 2013 menuntut siswa sebagai student centered learning yang mengutamakan pembelajaran berpusat pada siswa sehingga guru bukan menjadi satu-satunya sumber pengetahuan bagi siswa. Salah satu masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Banyaknya materi yang harus dikuasai siswa terbatas oleh waktu pertemuan.Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media yang menunjang proses pembelajaran yang memerlukan waktu lebih singkat.Untuk memperoleh multimedia sebagai penunjang proses belajar maka dapat menggunakan aplikasi berbasis komputer yang dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Fisika berbantuan komputer dengan pokok bahasan Fluida Statis dan mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran mandiri pokok bahasan Fluida Statis . Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall. Model ini dimodifikasi menjadi lima tahap yaitu pendahuluan perencanaan draft produk pengembangan pengembangan produk uji coba terbatas produk dan diakhiri dengan revisi produk. Instrumen penilaian yang digunakan berupa angket yang diberikan pada validator dan siswa MAN 1 Malang. Skala penilaian angket menggunakan skala Likert. Angket uji kelayakan materi dan media menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran terhadap pengembangan produk. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil validasi kelayakan materi memperoleh persentase 91.41% sehingga materi yang disampaikan dalam kategori baik dan tidak perlu revisi. Sedangkan untuk analisis hasil validasi media memperoleh persentase 87.28% dalam kategori layak dan tidak perlu revisi. Untuk data kualitatif dari validator digunakan sebagai acuan dalam melakukan revisi produk. Angket hasil uji coba terbatas yang diberikan kepada siswa beupa komentar dan saran. Berdasarkan hasil analisis uji terbatas siswa sangat tertarik dengan media ini karena media ini berisi animasi audio gambar dan video yang sesuai dengan pokok bahasan Fluida Statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18580

Actions (login required)

View Item View Item